Selasa, 16 April 2013

Jalan Besar Untuk Mimpi Besar (Big Blog Exchange)

  5 comments    
categories: ,
Kalau teman-teman lihat di side bar blog ini paling atas, ada widget yang tulisannya Vote For Me, Pretty Please! Tolong di-vote ya! Hahaha, belum-belum udah nodong. Tapi baiklah, hari ini saya akan ceritakan apa yang harus di-vote itu. Apakah Big Blog Exchange itu? Dan bagaimana mekanismenya? Kemudian kenapa si emak ini semangat banget ikutan program ini?

Big Blog Exchange adalah sebuah program ekslusif dan pertama kalinya di dunia yang diadakan oleh Hostelling International. Program ini berupa pertukaran 16 blogger ke seluruh dunia. Ke-16 blogger ini nantinya akan bertukar negara dan blog selama 10 hari. Mereka akan mendapatkan kesempatan langka untuk merasakan hidup di negara orang, mengenal budaya negara lain dan menceritakannya melalui blog teman yang bertukar negara. Iya, di blog orang yang bertukar negara dengan kita! Bukan di blog sendiri!


Sebulan yang lalu saya menemukan informasi tentang Big Blog Exchange ini secara tidak sengaja. Tanpa pikir panjang lagi, saya mendaftar. Beruntung sekali saya mengetahuinya pada masa-masa awal program ini dibuka. Sehingga saya mendapatkan keuntungan posisi ranking di atas, dan berusaha semampunya untuk mempertahankan posisi itu sampai sekarang dengan bantuan dari teman-teman semua.


Seluruh blogger dari semua penjuru dunia ini dibagi menjadi 4 wilayah besar yakni Asia Pacific, Europe, America dan Africa and Middle East. Nantinya, dari tiap wilayah akan diambil top 25 berdasarkan voting tertinggi untuk masuk ke babak penjurian. Siapa saja bisa ikut, asal punya blog. Konten blog tidak dibatasi hanya blog yang berbicara mengenai traveling saja. Bahkan kalau blog kamu hanya berisi curhat keseharian pun kamu bisa ikut program ini. Jumlah pembaca dan statistik pengunjung pun tidak dibatasi. Kalau pun blog kamu tidak ada followernya, kesempatanmu sama besarnya dengan blog yang memiliki follower ribuan.

Babak pengumpulan voting ini masih akan berlangsung sampai tanggal 15 April 2013 nanti. Setelah itu, top 25 dari tiap wilayah akan dinilai oleh dewan juri. Dewan juri akan me-review 100 blog yang lolos babak voting ini. Penilaian akan berdasarkan konten, nilai inspirasional dari blog dan passion para blogger untuk mengikuti ajang keren ini. Dari penilaian ini, dewan juri akan memilih 14 blogger (masing-masing 4 blogger dari tiap wilayah) yang beruntung untuk dipasangkan dengan blogger dari wilayah lain dan nantinya akan bertukar negara dan blog selama 10 hari.

Lho? Kok cuma 14? Katanya 16? Ternyata, 2 tempat lagi diberikan kepada 2 blogger yang dipilih secara khusus oleh dewan juri tanpa harus melalui babak voting. Istilahnya wildcard. Jadi, nggak usah sedih dulu, siapa pun masih punya kesempatan yang sama untuk terpilih ikut. Tentu saja, kemungkinan terpilihnya akan lebih besar kalau kamu sudah mengamankan posisi terlebih dahulu di top 25 wilayah negaramu.

Alhamdulillaah. Blog Emak Gaoel sampai saat ini masih bertahan di posisi top 25 wilayah Asia Pacific. Tapi saya masih butuh bantuan votingnya sampai tanggal 15 April nanti, karena kalau tidak, kemungkinan besar posisi saya akan tersalip oleh peserta lain. Beruntung sekali saya memiliki teman yang murah hati dan mendukung saya untuk bisa lolos ke babak selanjutnya (syukur-syukur menang dan terpilih) sehingga vote masih berdatangan sampai sekarang.


Fakta yang saya temui saat mengamati posisi top 25 dari tiap wilayah ini:

- Blogger Indonesia mendominasi top 25 untuk wilayah Indonesia. Jadi, teman-teman, bantu blogger Indonesia ini untuk terus bertahan, ya sampai 15 April nanti. Kamu bisa vote semua blogger berbendera Merah Putih yang ada di list top 25 wilayah Asia Pacific. Satu email hanya bisa dipakai untuk sekali vote untuk tiap peserta. Artinya, emailmu masih bisa dipakai untuk vote peserta lain. Dan yang paling penting, kalau sudah memasukkan email saat vote, kamu harus langsung cek email untuk klik link konfirmasi yang dikirim oleh BBE. Sebab kalau tidak begitu, vote tidak akan terhitung. Sayang sekali, bukan?

Bantu vote teman-teman blogger Indonesia ini, ya...:)

-Dari wilayah America, blogger Brazil mendominasi top 25. Ternyata orang Brazil rajin nge-blog ya. Eh, siapa tahu, kalau saya terpilih, saya bakal dapat teman bertukar dari negara Brazil. Woowww, ke Brazil, nek! Mauuuu! ^_^

Blogger Brazil mendominasi top 25 wilayah America

-Dari wilayah Africa dan Middle East blogger dari South Africa yang mendominasi top 25. Nggak nolak juga kalau saya tukarnegara sama negara satu ini. Hihihihi...

Blogger South Africa mendominasi top 25 wilayah Africa and Middle East

-Untuk wilayah Europe, blogger yang masuk ke top 25 merata. Ada yang dari German, France, Swiss, Netherland, dan lain-lain.

Top 25 blogger wilayah Europe

Kenapa saya semangat sekali ngomongin soal BBE ini? Karena ini kesempatan langka yang bisa membawa nama negara kita ke kancah internasional! Ajang ini merupakan program besar yang mendunia dan sedang mendapat banyak sorotan di mana-mana. Seandainya saya bisa terpilih masuk ke dalam 16 blogger yang beruntung ini, saya punya banyak agenda besar selain hanya jalan-jalan plesiran ke negara orang dengan gratis. Oh well, siapa sih yang nggak pengen jalan-jalan gratis? Tapi membawa nama negara ke negara lain, dan wajib mencatat perjalanan itu di blog milik blogger yang lain negara itu kesempatan langka. Pengalaman once in a lifetime ini akan menjadi pelajaran hidup yang besar artinya dan diharapkan memberi inspirasi ke banyak orang, kalau perlu ke seluruh dunia. Catatan perjalanan ini akan tersebar ke seluruh dunia. Kita punya satu kesempatan besar untuk menyebar kebaikan secara luas.

Dan belum selesai sampai di situ, nantinya ke-16 blogger terpilih ini harus menulis semacam manifesto saat selesai program. Mereka harus menuliskan apa saja yang mereka dapat selama perjalanan 10 hari ke negara orang dan bagaimaa mereka menyikapi perbedaan-perbedaan budaya yang ditemukan di sana. Manifesto ini akan dipilih dan pemenangnya akan mendapat kesempatan untuk dilibatkan dalam program serupa tahun depan!

Bantu saya supaya bisa lolos ke babak penjurian, ya! Saya adalah satu dari sedikit blogger mom yang mengikuti ajang ini. Siapa tahu, saya bisa mewakili para ibu-ibu blogger di Indonesia untuk mengikuti perjalanan ini. Mimpi saya besar, terlalu besar untuk saya wujudkan seorang diri. Saya butuh bantuan teman-teman semua. ^_^

This is why you should vote for me! :D

Everywhere I went to new places (not that I traveled a lot) I always love to meet the local people and make friends with them. My number one place on the list right now is anywhere but Asia, becoz I live in Asia region. I really want to taste the living at the place where it has a very different custom, culture, language, people and weather. Still, what matters the most for me is making friends with the local people. There’s nothing can sooth your heart better than knowing that when you come back to your hometown you have new friends on the other side of the world. And I believe in hope and words. Once someone said to you, “I hope you come back to visit me again.” I believe the universe will help to make it come true. Words are prayers. For a mom like me, I’d rather telling my children about the people I met and their hospitality instead of the places. The beauty of the places can only be captured in your camera, but the kindness of a friendship will be captured and stays in your heart forever. ^_^


Vote Blog Emak Gaoel di Bawah Ini! ^_^

5 komentar:

  1. Semangat, maaak. Semoga lolos yaa

    BalasHapus
  2. samaaaaaaaa, pengen banget ke Brazil huhu

    BalasHapus
  3. Yeeey, masuk 25 besar :D

    eh btw, kok di postingan ini ada tulisan "Posted by Winda Krisnadefa on Senin, 29 April 2013" Aaah kayaknya udah gak sabar nunggu pengumuman nih xixixixixi

    BalasHapus
  4. mak Mira:
    aamiin, makasih dukungannya ya mak..:)

    sayaminggatdulu:
    toss...:D

    omnduut:
    hahaha, iya..ini postingan maret, tapi aku ganti tanggalnya maksudnya buat dibikin sticky post biar ada di atas terus...;)

    BalasHapus