Jumat, 31 Mei 2013

[InterGaoel: Interview Emak Gaoel]: Oline dan Echa, Live Twit Membawa Berkah

  19 comments    
categories: ,

Jaman sekarang, kalau nggak bisa hadir dalam satu acara atau kelewat nonton acara favorit kamu di TV, nggak bakalan serta-merta bikin kamu aou of date alias gak gahol. Tinggal pantengin timeline di Twitter, cari keyword yang sesuai atau hashtag acaranya.

Saya sendiri sempat jadi "panutan" (#halah) twit saat acara X Factor Indonesia berlangsung selama beberapa bulan lamanya. Kata temen-temen saya, "Kalau nggak bisa nonton X Factor, tinggal mantengin temlen si Emak, bisa tau jurinya pake baju apa, mereka ngomong apa, sampe pesertanya nyanyi lagu apa." See?

Tapi nge-twit acara TV mah nggak ada apa-apanya ketimbang live twit acara yang kita datengin langsung. Live twit acara TV setidaknya saya duduk anteng depan TV, nggak ada yang ganggu saya, kadang-kadang malah sambil selimutan, makan pisang goreng dan minum teh manis anget. Lah, kalau udah live twit kegiatan outdoor yang didatengin langsung, saya angkat tangan. Sumpah ribet!


Image from http://lightspandigital.com/how-to-live-tweet-an-event-with-purpose/

Tapi saya kenal beberapa nama yang jago banget live reportase via Twitter atau bahasa kerennya live twit. Dan nggak jarang pada akhir acara saya cuma bisa bengong mendengar kabar kalau mereka menang live twit dan pulang bawa Iphone, BB, Samsung Galaxy, dan sebagainya. Kok enaaak? Asik banget! 

Dua nama yang saya wawancarai di bawah ini sudah membuktikan "kepakarannya" dalam live twit setiap acara yang mereka datangi, dan selaluuu pulang bawa hadiah yang nilainya nggak kecil. Saya penasaran, gimana sih caranya mereka bisa live twit jalannya acara segitu getolnya? Apa pake persiapan senam jari dulu sebelum berangkat? Terus apa sih enaknya? Kata si Babeh Helmi, live twit itu butuh skill khusus. Saya sempet ngekek waktu denger Babeh ngomong gitu, walaupun nggak menyangkal juga. Saya sering coba mau live twit saat hadir di suatu acara. Pada akhirnya saya cuma bisa bertahan (paling banyak) tiga sampai lima twit. Abis itu ya keasyikan ngikutin acara dan HP dilupain. Bukannya nggak inget kalau ada kuis live twit terbanyak akan dapat hadiah. Tapi rempong banget emang ternyata. Jadi ada benarnya juga kata Babeh, live twit butuh ketrampilan tingkat tinggi! Dan kalau kamu mau serius, denger kata pakarnya, nih! Huahahaha... Mereka adalah Cucuth Echa (@catatansicucuth) dan Oline Ashley (@oline_BMI)


Echa

Oline

Kedua wawancara ini dilakukan di dua tempat yang berbeda, Echa diwawancarai di Sevel Depok dan Oline diwawancarai di Starbucks Bekasi. Tapi bo'ooong! Wakakakakkk...ya kalee... Wawancara virtual dong, ah!

Yuhuu! Kenalin diri dulu, doong! Kegiatan sehari-harinya apa dan suka nge-twit dan nge-blog tentang apa?

Echa:
Aku sehari-hari ibu rumah tangga, mak. Lagi hamil anak kedua. Sekarang aktif di grup pemerhati dan penyayang kucing, rajin nge-blog soal kucing dan curcol. Sekarang juga aktif mengelola beberapa fans page dan twitter.
Oline:
Aku mompreneur, mak! Belum punya anak, tapi sedang program menuju ke sana. Sehari-hari ngurusin toko onlineku: aurabatik.com. Aku juga suka bikin-bikin asesoris, menjahit dan masak. Kalau nge-blog baru-baru ini aja mulai aktif lagi.

Sejak kapan suka main Twitter?

Echa:
Sejak 2009. Mulai suka ikut lomba dari 2010 setelah ngeliatin teman komunitas, penasaran kenapa menang terus live twitnya.

Oline:
Sejak dunia Twitter sedang happening, kalo gak salah dulu dari tahun 2009. Aku punya 3 account twitter, semua dipisahkan antara pribadi dan bisnis. 1 buat nyampah and have fun di @NonaOline, untuk yang professional dan sharing di @Oline_BMI, dan yang untuk bisnis @AuraBatik

Kenapa suka ngasih live twit kalau sedang menghadiri sebuah acara? Apakah murni krn lomba atau alasan lain?

Echa:
Karena lebih gampang nulisnya di blog kalau sudah ada di Twitter. Kadang pengen eksis juga, sih! Kalau lomba lebih gencar lagi ngetwitnya. Saya sempet vakum buat ikutan lomba live twit itu setahunan karena kondisi yang ngeharusin keluar rumah juga terbatas.

Oline: 
Alasannya simple, pertama, aku mau punya rangkuman saat aku nulis blog nanti. Daripada aku mencatat manual di kertas, lebih baik aku mentweet sekalian di dunmay, live report, akunya punya arsip, dan orang lain juga bisa menikmati juga bagi yang gak hadir. Kuncinya prinsipku sharing is caring buatku :) Lalu alasan kedua, ya karena hadiahnya juga sik. Tapi bukan semata-mata karena hadiahnya, yang penting aku punya rangkuman kegiatanku aja,gitu :)

Apa keasyikannya live twit itu?

Echa:
Seru aja reportase langsung di acara yang kita datangi. Orang tau kegiatan kita di acara itu. Biasanya malah nambah teman.

Oline:
Sharing is caring. Aku mau orang yang gak hadir saat itu juga bisa menikmati seperti yang aku lihat juga. Karena aku pribadi suka banget sama akun-akun yang suka kasih live report. Nah, aku juga mau berbuat seperti itu juga :)

Apa nggak ribet live twit saat mengikuti acara yang sedang berlangsung?

Echa:
Nggak juga seh... Sama seperti orang kuliah, langsung nulis apa yang disampaikan dosen kan.

Oline:
Pastinya gak, kan prinsipnya sama aja dengan kita mencatat di gadget.  Cuma ini langsung diketik dan dipost di dunia maya. Karena aku termasuk orang yang ‘bawel’ di dunia maya hehe…

Gimana caranya biar gak ribet? Suka ketemu kendala nggak pas live twit. misalnya koneksi tiba2 lemot, atau orang-orang yang hadir banyak banget dan suasana riweuh, atau apa gitu?

Echa: 
Ribetnya cuma 1 kalau koneksi gak sip..karena kemungkinan kita kalah. 

Oline: 
Hahaha… ini rahasia nih.. :) tapi khusus buat emak gaoel aku sharing deh…
Ribet sih iya. Apalagi kalo koneksi internet sangat tidak bersahabat. Kalo soal banyak orang, suasana riweuh sih emang agak sedikit mengganggu. Cuma karena terbiasa menghadiri banyak acara yang super duper rameee, jadinya ya aku cuma berusaha tenang,konsen sama acara, dan tidak hiraukan segala gangguan :) 

Saran dan tips dong biar lancar live twit. Buat yang bawa anak ke acara, kamu punya saran gak biar live twit bisa lancar? :D (bhik, emak rempong pengen bisa menang live twit juga)

Echa:
Pastikan koneksi lancar, bawa beberapa kartu beda provider yang ada kuota pulsanya :D. Bawa beberapa hp juga boleh *lirik mak oline :p
Kalau bawa anak, saya belum pernah mak... kalau bawa kehamilan iya :D.
Misalkan dilombakan, sebelumnya gugling sedikit tentang acara yang akan di live tweet juga boleh2 aja.

Oline: 
Ehmm… kasih tau gak yaaaa? Hihii..
Mak Windaaa.. aku maah masii juniorr niiihhh urusan live tweet. Gak seperti mak bumil iniii :D 
tips : 
- Sebelum mulai ke acara, pastikan semua gadget full charged. 
- Dan pastinya punya provider dan gadget cadangan :) 
- dateng ke lokasi sebelum mulai acara 
-tweet sesuai rules yang ditentukan (perhatikan hashtag dan mention yang diberikan) 
- tweet seluruh rangkaian acara dari awal sampai akhir. 
- jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atau harapan untuk menang saat mendekati batas pengiriman tweet
Oyaaa 1 lagi, jangan lupa berdoa hihi.. 
Udah pernah menang apa aja dr live twit? Sebutkan acara dan hadiahnya. *telen ludah* (siap-siap sirik)
Echa:
Banyak mak. Kebanyakan hp, tablet, leptop dan voucher sih. 
Yang aku inget aja ya Femina, Martha Tilaar, Apple, Blackberry, Caring, Lancome, Maybelline,  La Tulipe, Yogya Griya, Semen Tiga Roda, Smartfren, XL, Departemen Peternakan, PT. Tiga Raksa, Daihatsu, Yamaha, Indomie, dll --" banyak yang lupa mak
Yang paling gede dapetnya BB dari acara ultah salah satu bank swasta waktu itu masih 5,5jt harganya.

Oline:
Jujur aja aku baru yah di dunia Live Tweet. Dulu aku aktif di twitter cuma sekedar sharing tips aja. Tapi sejak ngerasain ikut Live tweet jadi ketagihan sampai sekarang :)
Diawali dari ikut Food Blogger Sensodyne bulan Maret lalu dapet Iphone5 >> gak tanggung-tanggung hadiah yang aku pengen juga.
Lalu ikut Srikandi Blogger April 2013 aku dapet blender Elextrolux.
Lalu yang baru-baru ini aku ikut live Tweet reportase Mandiri Karnaval menang juara pertama dapat Samsung galaxy S4 >> hadiah yang aku impi-impikan juga hehe…
Lalu lainnya voucher belanja MAP, paket kecantikan Biokos, Caring dan gadget lain yang aku lupa beberapa event :)
Selain 2 hal diatas, manfaat lain dari live tweet itu aku jadi nambah follower dan nambah teman pastinya :) aku jadi keranjingan ikut live tweet. 
Yang bikin menang lomba live twit itu biasanya apa? Jumlah twit atau jumlah rituit dari tuit kamu?

Echa:
Hoki
Koneksi lancar
Ngetwitnya bagus
Gak salah hastsag --> ini aku kadang suka salah --'' gak teliti
Banyaknya impressions
Jumlah me-RT dan di-RT juga pengaruh

Oline:
Jumlah tweet, RT dan konten tweet yang berkualitas

Naah, udah tau sekarang, kaan? Biar pun keliatannya gampang, live twit itu ternyata butuh persiapan fisik dan mental (hestek: sesuatuh). Lho, iya...saya sih percaya banget, hasil berimbang dengan usaha. Kalau emang ngincer hadiah keren dari lomba live twit, ya harus persiapkan diri sematang mungkin. Karena handphone ada di tangan setiap orang, tinggal gimana kamu lincah-lincah mainin jari dan menangkap moment lalu menerjemahkannya ke dalam twit kamu. Selamat mencoba! Saya mau senam jari dulu. ^_^

Terima kasih Echa dan Oline yang sudah berbagi rahasia dapurnya. Bhik.

 









19 komentar:

  1. sering senam jari ya mbak jadi cepet ngetweetnya hehehe pantesan sering menang live tweet. keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku nyobain lumayan ribet lho, biarpun gk bawa anak2...:D

      Hapus
  2. Makasih sharingnya Mak Cucuthnya dan Oline. Cuma masih harus aku baca-baca berulang kali nih hasil wawancara ini. Banyak istilah yg belum kupahami. Kalau ada pake contoh, wawancaranya jadi lebih aseeek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain deh di twitter....kalau sering coba dan perhatiin di twitter lama2 lumayan paham jg cara main2 di twitter :)

      Hapus
  3. Dulu diblogor byk yg demen hadiah...jadi aku belajar sama mereka.buku kang harris ngejar hadiah lewat blog jg kudu baca loh...aku jg aplikasi byk belajar dr dia.dulu ga sebyk ini saingan live tweet :Dmakanya menang terus aku.

    btw nama aku echa --" bukan cucuth... hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cucuuuth....eh, echa..maap ya, salah nama..hahahahaa...abis org2 nyapa kamu cuth cuth gitu..:)))

      Hapus
  4. jempol-nya mesti tabah booo... plus gadget-nya jg mesti punya ketahanan fisik yang prima alias gak hang pas lagi asik2nya nge-twit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu lagi, kudu punya power bank! catet! hahaha, kemaren gw ngabisin power banknya Nastiti..:)))

      Hapus
  5. Wow... livetweet sampai menang hadiah... belum sampai segitunya saya.

    BalasHapus
  6. ngok... kayaknya situ bakalan ikut jadi livetwitter nih wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tertarik bangeeet...hadiahnya ituuuu...>.<

      Hapus
  7. Mantaaabs maks! Setuju bgt sama Oline, buat rangkuman n catatan..that is number one. Sambil nyatet sambil sharing sekali dayung 2 pulau terlampaui hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener juga...
      kemarin aku nyobain livetwit, jd agak enak pas mau bikin postingan di blog...lumayan..:)

      Hapus
  8. Terima kasih mak Winda untuk sharingnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku yg makasih oline, udah mau berbagi ilmu...:)

      Hapus
  9. nyerah saya kalo lomba live tweet hahaha

    BalasHapus