Kamis, 24 Oktober 2013

Emak Gaoel Nyari Notebook Tipis, Bukan Baju Tipis

  75 comments    
categories: 
Pada Suatu Masa

Waktu awal-awal saya mulai aktif menulis ( di blog dan nulis novel) perangkat andalan saya di rumah cuma PC butut punya suami yang digondol dari ex-warnet miliknya dulu. Layar 15 inchi dan lola-nya ampun-ampun. Tapi karena udah kadung jatuh cinta sama kegiatan menulis dan menggila di social media, tetap aja dibela-belain nongkrong berjam-jam depan PC sampai punggung kayak mau patah.

Ketika kegiatan menulis saya makin intens dan kegilaan saya main di social media juga makin mengkhawatirkan, saya sibuk merayu suami untuk membeli laptop. Sayangnya, waktu itu memang keadaan belum memungkinkan. Harga laptop yang masih bisa dibilang barang baru di dunia teknologi, belum terjangkau oleh penghasilan kami.

Tapi bukan Emak Gaoel namanya kalau udah punya mau dan nggak mau usaha sampai dapet! Hahahaha! Saya pun berinisiatif sendiri untuk menjual sebagian aset untuk membeli laptop dengan alasan buat hadiah ulang tahun suami. Ah, santai ... nanti juga yang bakalan pakai laptop itu saya. Pinter dan licik suka beda-beda tipis emang.

Acer Aspire E1-432, super tipis, ringan dan hemat batere!

Akhirnya terbeli juga laptop yang saya idam-idamkan. Walaupun layarnya lebar, tebalnya kayak kamus dan beratnya kayak sekarung beras (lebay) saya tetap bangga nenteng-nenteng laptop raksasa itu ke mana-mana. Yah, namanya juga punya barang baru. Norak pasti.

Tapiii, berhubung berat, akhirnya laptopnya malah nggak pernah dibawa lagi setelah beberapa kali percobaan. Ugh, rempooong! Butuh tas besar dan kuat untuk membawanya. Karena ukurannya yang fantastik itu, saya cuma bisa bawa pakai tas warna hitam ala-ala tukang kredit kalau mau bawa laptop. Jiah, nggak kece, beud. -_- Besides, itu laptop biar pun pake processor canggih (pada jaman itu) masih tetep aja boros batere. Baru dipakai setengah jam, udah low bat. Kalau mau sok-sok chatting pake camera ya mesti beli camera portable dan dipasang di atas layar laptop. Halah.

Mulai Mencari "Jodoh"

Setelah beberapa waktu lamanya aktif malang-melintang di dunia online dan menulis, saya mulai agak melek gadget. Laptop berat--yang sedianya saya beli sebagai hadiah ulang tahun suami tapi sebenarnya untuk saya pakai sendiri--di rumah sudah saya tinggalkan. Banyak pertimbangan ... bukan, bukan pertimbangan, tapi keberatan untuk memakainya. Like literally, KEBERATAN! Saya pun mulai mencari-cari smartphone dengan keypad QWERTY untuk memudahkan saya mencatat semua ide yang suka mendadak muncul. Rasanya lebih ringkas dan praktis kalau punya smartphone keren kayak punya teman-teman saya itu. Again, ini mah alesan lagi kayanya. Heuheuheu. 

Beli satu smartphone berlanjut ke smartphone lain. Ngejar teknologi itu seperti mengejar jodoh yang nggak mau ditangkap. Dapat yang paling canggih dan terjangkau sama isi dompet, eh bulan depan udah nongol versi terbarunya lagi. Lama-lama kayak gini, bisa sobek dompet saya. 

Saya pun mulai merancang ulang, perangkat seperti apa sebenarnya yang saya butuhkan untuk kegiatan menulis dan online saya yang nyaris sepanjang hari ini? Saya harus memikirkan fungsi dan harga ketimbang mikirin kerennya. Saat itu, kebetulan suami dapat jatah notebook gratis dari kantor. Bentuknya lebih kecil dari laptop raksasa yang saya beli dulu. Dan tentu saja lebih ringan. Wah, saya senang sekali waktu suami ngasih notebook itu untuk saya. 

Selama setahun saya menggunakan notebook itu, lalu masalah mulai bermunculan. Ada aja problem yang muncul. Belum lagi trackpad-nya yang bikin darah tinggi. Ngarahin ke mana, kursor larinya ke mana. Hadeeh! Entah karena saya yang blo'on banget dikasih barang canggih atau emang nih notebook emang barang kodian. Ya, maklum ya, namanya juga dibagi-bagi gratis di kantor. Tapi biar begitu, saya bersyukur juga sempat dikasih kesempatan untuk mencicipi menulis pakai notebook. Rasanya sesuatu juga.

Saya mulai mencari-cari alat menulis dan online yang lebih "kena" sama kebutuhan dan personality saya. Tsah! Tablet mulai marak waktu itu. Wah, lagi-lagi saya tergoda melihat tampilan canggihnya. Keren banget nih, tinggal colek-colek doang, pikir saya. Saya pun membeli sebuah tablet keluaran terbaru (waktu itu) untuk menunjang kegiatan menulis saya. Dan lagi-lagi (akibat gampang tergoda), saya menemukan kekecewaan. Kalau mau nulis banyak, mending jangan pakai tablet. Tablet memang OK banget untuk yang mobile. Praktis dan super duper canggih. Tapi untuk menulis naskah novel memakai keypad touch screen? Becanda banget! 

Semoga Yang Tipis Ini Jodoh Saya

Pencarian perangkat menulis dan ngeksis di dunia maya saya mulai dari sebuah kesimpulan. Setelah mencoba berbagai bentuk perangkat teknologi untuk kegiatan menulis saya, saya pun tahu kalau yang saya butuhkan sebenarnya sederhana sekali. 

Saya butuh notebook yang ringan dan tipis, karena saya termasuk emak yang mobile. Maksudnya, saya tiap hari nyetir mobil nganter-jemput anak. Hahaha! Notebook tipis dan ringan penting untuk saya, karena bisa langsung saya cemplungin aja ke dalam tas saya begitu saya harus berangkat. Cuuuss!

Saya juga butuh notebook yang menunjang saya dalam berinteraksi di dunia maya. Sebagai pakar maniak social media dan juga penulis yang suka rempong sendiri pengen riset ini-itu, saya butuh notebook yang kenceng dan hemat daya. Artinya, saya butuh notebook yang prosesornya mantap, karena saya adalah heavy user (kalau dibiarin sama suami, saya bisa manteng di depan notebook sampai lupa mandiin anak-anak). Hihihihi! Saya suka kesal kalau lagi asik-asik nulis atau ngeblog, tau-tau batere habis. Duh, harree gene?

Jadilah saya ngintip-ngintip ke sini, dan ngiler. Ya ampuun! Ini yang saya butuhkaan! Notebook tipis, ringan dan hemat daya. Ih, kamu kece banget! Kayanya kita jodoh, deh! Yuk, mari merapat ke Emak Gaoel. Si dia ini punya 3 buah port USB. Pas banget: satu buat flash disc, satu buat modem, satu lagi buat apaan, kek! Kalau mau pake hotspot, ada wireless adapternya juga. Cocok nih buat sambil ngupi-ngupi cantik di cafe. Eheum.

Notebook tipis yang kece badai ini bisa bertahan sampai 6 jam, lho! Dan bahkan kalau dipakai main games bisa tahan sampai 5 jam! Wah, jangan sampai anak saya tahu. -_-

Udah berbusa-busa ngomongin tentang notebook tipis inceran saya, tapi saya belum kasih tahu namanya, ya? Hahahaha. Catet ya, namanya Acer Aspire E1-432. Harga gimana harga? Menurut website resmi Acer, harganya sih berkisar 4 juta-an. Nggak mahal untuk barang secanggih itu. Semoga kalau kesampaian memakai notebok Acer Aspire E1-432 nanti, saya makin produktif main games menulis. Aamiin, doong!

“Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.”



75 komentar:

  1. Asal jgn dicemplungin ke kolam ikan ya, mak... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jangaan doong..sayang benerr dicemplungin ke kolam ikan...hahahahaa

      Hapus
  2. do'aku moga dapet yang tipis juga biar makin seru nonton film sama maen gamenya wkwkwkwwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mak hanna..biar makin males mandiin anak2... #eh #dikeplaksuami wkwkwkwkwk

      Hapus
  3. Aaamiiin, idem Mak saya sebetulnya suka PC yang diimpor dari ex warnet suamiku juga, tapi kemudian dibeliin Acer Alhamdulillah, dan sekarang giliran saya yang minta Acer yang slim ini * hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kok sama ya mak, sesama mantan pacar pemilik warnet...hahahaha
      iya ya, aku juga bersyukur dikasih notebook biar pun ngadat melulu :D

      Hapus
  4. yup .. kejar gadget seperti kejar jodoh .. ditunggu tunggu ngga ada yg cocok .. sekali nya cocok beli.. tapi pas beli ntar bakalan ada lagi keluar baru .. kadang udah beli tyt baru nyadar specnya ngga sesuai sama yg kita butuhkan .,, haisshh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget bun...ujung2nya cuma dipake buat nelpon sama sms-an...tau gitu beli yg seratus ribuan aja..hahahahaha

      Hapus
  5. aamiin :) mudah2an dpt gretongan lg ya mak :) aamin lg deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mak edi...ikutan gak dirimu? :)

      Hapus
  6. makin tipis makin gaol ya maaak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya sih bodi ekeh juga tipis mak, tapi apa daya...hahahahahaa

      Hapus
  7. dirimu yang hitam aku yang milenium deh ya haha ngatur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana-mana juga bole mak...gratisan mah gak berani protes dah...wkwkwkwkwk

      Hapus
  8. pake notebook tipis sekalian baju tipis deh mak.. biar makin gaoel *sesat* :lol:

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, suka masuk angin kalau pake baju tipis..maklum, udah umur...hihihihihi

      Hapus
  9. Wkwkwk susaah deh nulis pake tablet, apalagi kalo lomba live tweet wkwkwk.. Amburadul deh mak, musti bawa yang slim dan ramping..

    BalasHapus
    Balasan
    1. embeerr...tapi kemaren aku sempat menang lomba live tweet pake tablet lho mak....cuma kayanya saingan juga gak banyak sih...hihihihihi

      Hapus
  10. Notebook apaan tuh Mak yg kursornya lari2? hahaha, akhirnya ketemu ama jodoh nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak Helda, jangan kepo deh...wakakakakakkk

      Hapus
  11. semoga jodoh ya emak gaol hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...berasa jadi anak gadis jomblo lagi didoain jodoh...:)))

      Hapus
  12. hihihiii...ngakak bacanya mak..., sukses ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tau nih, susah beud nulis seurieus...hahahahaa...sukses juga ya mak...:)

      Hapus
  13. Pinter dan licik suka beda-beda tipis emang.

    saya suka banget kalimat ini :)))) *nyakarin tembok

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, bakat sih biasanya... #nyakarinkulkas

      Hapus
  14. Balasan
    1. semoga gak ditendang sama juri ya mak..hihihihihi

      Hapus
  15. hahaha ampe keselek kuaci waktu baca beliin suami kado laptop buat nanti dipake sendiri, pinter emang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ilmu politisisasi ala vikisisasi...hahahahahaha

      Hapus
  16. sip sip siiipp...semoga ini adalah jodoh terbaikmu maaakkkk aamiin.....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...eh jangan dong..jodoh terbaikku tetap suami dong...lah...hahahahaa

      Hapus
  17. Seger baca postingnya, gak bikin jedat saya lipet-lipet hehehe. Saya juga suka quote pinter dan licik itu beda tipis.Tipisan mana sama Acer E1-432? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dirimu orang ke-seratus sekian yang bilang tulisanku seger mak..besok2 aku buka lapak es teler di mari ya...hihihihi
      makasih ya mak..:)

      Hapus
  18. tenang aja mbak busanya belum luber kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. deterjennya kurang soalnya tanggal tua mak...hahahahaa

      Hapus
  19. Keren euy, pengin punyaa... Acer-ku yg lama dicolong maling :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaaa...innalillaahi...
      beli mbak...kalau dipikir2, gak mahal jatuhnya, karena udah komplit dan keren banget... #berasa SPG

      Hapus
  20. Balasan
    1. cusss nungguin pengumuman aja dulu rul...hihihihihi

      Hapus
  21. wii jangan baju tipis :p
    Semoga sukses dapet yg tipis eh notebook tipis, Mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiii, iya mak...kalau baju tipis bisa masuk angin ya...hahahaha
      aamiin, makasih ya mak Inna...:)

      Hapus
  22. Aamiin...btw, ini jodoh keberapa mak Win...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, jangan ditanya deh...hahahahaa

      Hapus
  23. wadooh judulnya bener2 gaool Mak :p
    bacanya segeer apalagi sambil ngunyah potato wedges
    mantabs

    sukses yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaaah, jadi pengen makan potato wedges sambil pake sepatu wedges kan jadinyaa....:))))

      Hapus
  24. hihihi sukak sama tulisannya emak gaoel. kocak, mak. ih, kayaknya kita jodoh deh, yuk merapat ke emak gaoel. wkwkkwkwwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak Isti, susah emang kalau punya turunan royal family.... (lah, apa hubungannya?) wkwkwkwkwk

      Hapus
  25. Slim series yg lain aja udah kece halilintar apalagi kalo yg E1.
    Kalo seandainya dapet yg ini, Tab 3 mau buat apaan?

    BalasHapus
  26. Yang geratisan itu gak selalu membuat mujuur ya, Mba. Hahahaha
    Moga kita berdua menang ya, Mba. #bisik-bisik. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, itu doanya harus kita aamiinkan bareng2 mak...yuk aamiin sambil bisik2...xixixixixi

      Hapus
  27. Tulisannya kece badai, Mak.
    Cetar membahana. Hahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jebreeeettt!! :))))
      makasih ya mak..hihihihihi

      Hapus
  28. Judulnya juara banget hehehe. Tulisannya selalu enak. Hadeuuhhh, jangan menang lagi lah, Mak. Pan udah kemaren dapat tablet yang tipis-tipis hihihihi --> ditoyor pakai Galtab :P.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwihihihii....berhubung sekarang ini posting serentak, peserta pasti lebih jadi diri sendiri, jadi peluang menang masing2 peserta lebih besar lho...
      ayo semangaat! aku sih jujur, kecanduan sama sensasi ikutan lombanya...menang gak menang ntar2 aja...wkwkwkwk
      *toyor pake bantal guling* :)))

      Hapus
  29. mantap maak tulisannya...semoga berjodoh ama yang tipis-tipis gratis :D

    BalasHapus
  30. Saya juga punya impian yang sama maaaak...bisa punya notebook tipis tapi tetap dengan fitur yang lengkap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga mimpi kita jadi nyata yaaa..:')

      Hapus
  31. Aku juga mau baju tipis.... eh noteboook tipis :D

    BalasHapus
  32. Tanpa komputer
    Empu Sedah dan Empu Panuluh
    Mampu menghasilkan karya yang ngedab-edabi
    Kakawin Bharatayudha yang termashur

    Kumpulan Emak Blogger
    Dengan personnal computer
    Dan laptop tipis Accer
    Seharusnya bisa menerbitkan karya yang serrrrr dan TER

    Semoga GAnya sukses Jeng

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah, kalau Pakde udah komen, asoy daaaah....hahahahaa..
      makasih ya pakde...salam dari Bekasi.. :D

      Hapus
  33. siipz.... mak gaol.... mudah2an jodohnya dengan laptop tipis....... baju tipisnya di buang aje ke laut ye mak..... qiqiqiqiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...eeeh, baju tipisnya jangan dibuang....kan bisa buat lap2 dapur...:)))

      Hapus
  34. Amin mak...semoga berjodoh.... :) Wah...klo baju tipis..suami pasti langsung acc Mak dengan catatan dipakenya kalo ada suami aja... ;) good luck Mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, iya, pake baju tipis buat suami oke, asal gk pake masuk angin dah..:)))

      Hapus
  35. Jd, mak gaoel dulu kyk tkg kredit ya?....wkwkwk....
    Sukses ya, mak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakakkk...secara tampang juga mendukung ya? #eh
      makasih yaa...:D

      Hapus
  36. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

    BalasHapus