Minggu, 10 November 2013

Komunitas Lebah (Clue No.1 For Ultah Blog Emak Gaoel)

  35 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum, teman-teman kece ....

Am beeek! Mhwahahahaha! #ketawaShincan Maaf, maaf, lama banget nggak posting cerita baru. Huhuhuhu ... *seolah banyak yang nungguin*

Saya sebenarnya udah lama mau cerita tentang yang satu ini. Tapi ya seperti biasa, alasan saya apa lagi kalau bukan (pilih salah satu jawaban di bawah ini):
a. Lupa
b. Rempong
c. Sok lupa
d. Sok rempong
e. Semua jawaban benar

Terserah deh ya, saya mau dituduh yang mana, yang jelas, biar pun nggak sesuai dengan jadwal posting blog ini, saya tetap mau dan merasa harus untuk menceritakan ini kepada pemirsa sekalian yang budiman. Dan pesan penting dari saya, baca postingan ini sampai selesai, karena ada sesuatu yang menunggu di akhir cerita. Bukan, bukan tagihan. Tenang aja. :p

Saya punya teman kuliah yang akrab dengan saya justru setelah kami bertemu kembali di Facebook. Iya, udah nggak aneh emang, yang dulunya di sekolah atau kampus gaulnya beda, pas ketemu di Facebook kok bisa jadi akrab, ya? Ah, itulah the power of social media. #ceile. Nama teman saya ini Ijul Baso. Silakan tebak sendiri gendernya apa. #ngikik

Akhirnya saya memutuskan untuk memakai foto ini, karena Ijul tampak sangat bahagia di samping pria idamannya ^^,

Ijul bekerja sebagai seorang penerjemah profesional. She has no office, but she definitely has income. #sirik Dan satu lagi yang Ijul punya: time of her own. #makinsirik So, dengan keleluasaannya mengatur waktu kerja yang fleksibel, Ijul aktif di sebuah komunitas keren yang bergerak di bidang sosial. Saya mendengar tentang komunitas ini melalui Ijul setahun yang lalu, saat Ijul sedang mengumpulkan sumbangan berupa buku untuk anak-anak. Dari sana saya berkenalan dengan Komunitas Lebah.

Komunitas Lebah berdiri tahun 2008 dan terinspirasi dari salah satu surat Al Qur’an, yaitu An Nahl, bahwa lebah adalah makhluk Allah yang memiliki sejuta pesona dan banyak memberi manfaat serta kenikmatan kepada manusia. Komunitas ini mengakomodasi orang-orang yang memiliki visi yang sama dalam kepedulian sosial, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. How kewl is that? Right? Right? Right? #Left!

Salah satu kegiatan sosial yang diadakan Komunitas Lebah

Komunitas Lebah sudah banyak melakukan kegiatan sosial yang memberi manfaat untuk orang-orang yang membutuhkan terutama untuk anak-anak tidak mampu. Silakan intip website mereka, kamu akan melihat kegiatan apa saja yang sudah mereka lakukan dan agenda apa saja yang sedang mereka rencanakan ke depan. Pada tahun 2010 komunitas ini mendirikan Rumah Sehat Petojo. Mereka juga sering mengadakan kegiatan Pemeriksaan Gratis untuk keluarga tidak mampu, antara lain di Muara Angke, Penjaringan, Parung dan lain-lain. 

Sumbangan obat-obatan untuk Rumah Sehat Petojo

Siapa yang menjalankan Komunitas Lebah ini? Seperti biasanya sebuah komunitas terutama yang bergerak secara swadaya, pengurus komunitas ini sangat bergantung kepada relawan yang ikhlas menyumbangkan waktu dan tenaganya untuk bisa mewujudkan kegiatan mereka agar bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Saya acung jempol untuk para pengurus dan relawan ini. Karena ya, namanya juga relawan ya, dibayar kagak, keluar ongkos sendiri iye. Kalau mikir rugi secara materi sih ya iya. Tapi kan, saat kita mampu mengorbankan sesuatu untuk bisa memberi kepada orang lain, di sanalah kita bisa berharap Tuhan menaikkan kemuliaan kita. Ya, nggak? 

Pembangunan MCK warga yang diprkarsai oleh Komunitas Lebah

Untuk saat ini kegiatan Komunitas Lebah yang sedang berlangsung adalah kampanye Cerdas Tanpa Batas. Puncak kegiatan ini akan berlangsung bulan Januari 2014 dan berpusat di sebuah desa kecil di Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya silakan melihat brosur di bawah ini. Bantuan dari teman-teman semua masih ditunggu sampai akhir periode kampanye ini. Ayo, silakan berlomba-lomba menyumbangkan apa pun yang kamu bisa untuk membantu mereka. Donasimu bisa berupa uang tunai atau buku-buku sekolah dan buku cerita anak. 

Kegiatan Komunitas Lebah yang sedang berlangsung. Kamu bisa ikut berpartisipasi, lho!

Kalau kamu tertarik menjadi relawan silakan hubungi Ijul atau Komunitas Lebah di Twitter atau melalui website mereka. Semua informasi lengkap di sana. 

Nah, saya sudah cerita tentang satu komunitas yang bergerak di bidang sosial. Sebelumnya saya juga pernah bercerita tentang satu sosok inspiratif yang juga mendedikasikan hidupnya untuk menolong anak-anak yatim walaupun beliau hanya seorang sopir. Kenapa saya ingatkan ini lagi kepada anda pemirsah? #FeniRoseModeOn Karena eh karena, sebentar lagi Blog Emak Gaoel akan ulang tahun yang ke-lima. *terus* Akan ada event gegar gegap gempita di sini dan ada hubungannya dengan jenis postingan seperti ini. Seperti apa kemeriahan yang sedang saya siapkan? Tunggu aja tanggal mainnya! *jargonjadulbeud* Pokoknya, yang penting itu sekarang, kalau lagi punya keleluasaan financial atau berupa buku, langsung aja kirim donasi kamu ke Komunitas Lebah. OK? Sementara itu, biar saya menyiapkan kejutan untuk teman-teman semuanyaaah! 

See you soon! ^_^



35 komentar:

  1. Orang yang mau jadi relawan itu memang keren ya,.. Ditunggu kejutannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ugh, banget mak!
      ditunggu yaa, sebentar lagi..deg2an sendiri gini aku.. :)

      Hapus
  2. Duduk manis menunggu kejutan ^_^. Selalu kagum dengan orang-orang seperti Mak Ijul ini. Menjadikan hidup lebih bermakna :). Btw, ternyata saya salah Mak. Yang Mbak Vera itu ternyata yang membuat Taman Bacaan Anak Lebah :D. Beda sama Komunitas Lebah ternyata hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya ya...ada nama komunitas yg mirip2...wah, bisa buat modal tuh buat ikutan GA nanti.. #tring #clue :D

      Hapus
  3. Makasih atas artikelnya yaaaaa.... Lo wkt kuliah diem siiiiii, gak bawel kyk skarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-samaaa...
      gw bukan diem, cuma ngomong sama orang tertentu aja....semacam insecure jaman kuliah...wakakakakkk

      Hapus
  4. saluut ya buat teman yang suka berbagi...

    BalasHapus
  5. mak Winda, tau nano-nano ga?

    kali ini aku ngikik koprol aku membaca postinganmu, sekaligus kagum sama emak Ijul dan babe sopir, plus terharu dengan adanya Komunitas Lebah.

    semoga para lebah nanti akan menghasilkan madu juga yaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini apa sampe ngikik koprol segala? :))) hati2 keseleo, mak..wkwkwkwk

      aku juga salut sama komunitas ini mak...

      Hapus
  6. Ikut dalam kegiatan sosial memang manfaatnya bisa "manata" hati ;)

    BalasHapus
  7. dari dulu sampe sekarang salah satu keinginanku itu aktif di kegiatan sosial...tapi kok belum terwujud ya,apa gara2 sering ikut suami berkelana dari satu kota ke kota lain...*ciyusss..
    okeh,ditunggu gagap gempitanya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa mak...kita mulai dari yg bisa kita lakukan, jadi donatur misalnya? insha Allah akan ada jalan terbuka nantinya.. :D

      Hapus
  8. Jogja? Dekar dengan tempat tingal saya. Banjarnegara. :P
    Senang melihat orang2 yang suka berbagi seperti kumunitas lebah ini.

    Colek2 kalau GGnya launching ya, Mba. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, semoga bisa ikutan nanti pas acara puncak CTB Komunitas LEbah di jogja yaa.. :)

      Hapus
  9. Ehh jd ikutan sirik sma mak ijul yg nganter drumah n dpt income byk Btw aku Selalu terkagum kagum sama org yg jd relakan n mendedikasikan waktunya utk org lain... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emberr mak...itu emang bikin sirik banget..-_-

      Hapus
  10. keren ya.. mendedikasikan waktu dan tenaga untuk orang lain, pasti tidak mudah..
    ditunggu event nya mak gaull :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, berbuat baik untuk orang banyak...memberi arti pada hidup kita.. #tsah :D

      Hapus
  11. Kegiatan yang menarik sekali nih Mbak Winda..
    Semoga kawan-kawan di Komunitas Lebah, tetap bersemangat membagikan kebahagiaan untuk sesama..
    Kegiatan tersebut bakal diadakan di Gn Kidul ya? Hmm... patut dicatat nih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga Komunitas Lebah tetap semangat yaa...
      wah, dicatat, bisa hadir dong? ;)

      Hapus
  12. inspiratif mak...eh ditunggu ya kontesnya...xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mak Rina...ditunggu yaa...dan harus ikutan!! #ngancem :)))

      Hapus
  13. semoga menghasilkan madu2 kecil yang baik,lanjutkan,semangat...

    BalasHapus
  14. Waw.. keren nih komunitasnya ^^
    Coba intip-intip ahh :)
    *sambil nunggu kelanjutannya *

    BalasHapus
  15. Mak winda.. ijul itu temennya temanku Lenti waku di sma 55 jakarta.. jangan2...

    BalasHapus
  16. Berbagi dengan membangun komunitas sosial, luar biasa.. Semoga diberi kemuliaan yang tinggi, aamiin

    BalasHapus
  17. Senengnya bisa bermanfaat untuk orang banyak.
    Duduk manis sambil nyimak sapa tau ketularan gaul and pinter ^_^

    BalasHapus
  18. Lebah selalu menebar kebaikan *asaljgnkenasengatlebah. Salam kenal ya mak ijul,kalau mak gaoel salam cetar aja deh..hi.,hiii

    BalasHapus
  19. seru juga kegiatan di komunitas lebahnya :)

    BalasHapus
  20. d bdg ada ga sih komunitas lebah ini?
    *lagi ngecek websitenya*

    BalasHapus