Selasa, 04 Februari 2014

I'm Not A Morning Person

  58 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum ....

Saya selalu kagum dengan orang-orang yang bisa bangun pagi buta dan langsung bisa beraktifitas dengan semangat. Menyambut pagi dengan senyum dan excitement menggelora (duile). Lalu mulai melakukan aktifitas apa pun sambil bersenandung riang diiringi kicauan burung dan udara segar pagi hari. Aaah .... Tapi kenapa saya nggak pernah bisa begitu, ya?

Saya selalu mengalami kesulitan untuk bangun pagi sejak remaja ... mungkin, sejak kecil. Sholat subuh merupakan perjuangan besar setiap hari bagi saya. Dan sudah bisa dipastikan saya selalu kembali tidur setelah sholat Subuh. Bangun-bangun juga bukannya saya bisa langsung pasang senyum di muka. Kalau kata saudara-saudara saya dulu waktu masih tinggal serumah, wajah saya beberapa saat setelah bangun tidur itu "beku".Dikata es balok muka gue, gituh? -_-!

Count me in, Garfield ... -_- (Image from: http://tonyrabbat.blogspot.com/2010/08/not-morning-peson.html)
Butuh beberapa waktu lamanya untuk saya bisa mengumpulkan nyawa yang masih tercerai-berai di alam mimpi. Kepala kliyengan, mata belum jernih melihat, mulut pahit, badan kaku-kaku. Serius, saya harusnya bersyukur masih bisa bangun setiap harinya. Tapi proses menuju "hidup" kembali setiap bangun tidur merupakan proses panjang untuk saya. Ini sudah terjadi sejak dulu. 

Waktu udah menikah dan punya anak, mau nggak mau saya harus lawan kebiasaan jelek ini. Anak-anak saya siapa yang ngurus waktu mereka bangun? Tapi mood pagi saya emang jelek banget, deh! Saya harus bengong dulu beberapa menit, lalu jalan seperti zombie menuju dapur, melakukan apa pun yang harus saya lakukan dengan pikiran kosong. Boro-boro bisa sambil nyanyi-nyanyi riang. 

Nggak jarang anak saya terlambat ke sekolah karena saya kesiangan. Suami, karena kondisi pekerjaannya, juga selalu tidur di atas jam 2 pagi. Saya, walaupun ingin sekali bisa tidur lebih awal, tidak pernah berhasil memejamkan sebelum jam 11 malam. Sering saya paksakan untuk tidur, saya nggak mau keluar kamar, nggak mau pegang HP atau tab, pokoknya merem. Yang ada saya kayak orang gila sendiri di tempat tidur, bolak-balik gelisah. Kalau sudah begini, paling saya bawa membaca. Dan beda sama orang kebanyakan, kalau saya membaca, mata saya makin nyalang. Akibatnya bisa ditebak, saya tetap tidur telat.

It is, isn't it? (Image from: http://sprinklesofchatter.wordpress.com/2011/05/04/not-a-morning-person/)

Sudah beberapa tahun ini saya jadi sering sedih karena merasa saya bukan ibu yang baik bagi anak-anak saya, karena kondisi nggak bisa bangun pagi ini. Saya sedih, saat ibu-ibu lain sudah mandi dan segar mengantar anaknya ke sekolah, saya masih dengan muka bantal dan kuyu melepasnya ke sekolah. Sarapan sesimpel mungkin, karena nggak mungkin bisa bikin makanan yang ribet-ribet. Bawa bento? Itu cuma mimpi buat saya. Apalagi bento unyu-unyu yang sekarang lagi musim itu. Astaga! I'm the worst mom in the world! #nangis

Sejak mulai aktif di socmed dan menulis, kebiasaan ini makin mendapat stimulasi karena saya makin sering tidur terlambat. Bisa ditebak, kesiangan udah jadi rutinitas. Setiap Ramadhan ada aja yang kami lewatkan tanpa sahur. Saya lagi buka aib apa gimana sih ini? Iya, emang katanya rejeki adanya pagi hari. Dan itu pun nggak bisa membuat saya bisa bangun pagi. Waking up in the morning is a mood killer for me. Huaaaaa .... #nangislagi Adakah yang seperti saya di sini? I feel like the worst, WORST, mom on earth! :'( Tolong kalau ada yang punya solusi, dibagi ke saya, sih .... #nunduk 

Pasang alarm sampe 4 biji, begitu bunyi langsung dimatiin. Kadang bisa juga diem dulu begitu sadar, tapi abis itu ngantuk luar biasa nggak bisa dilawan. Hhhh .... Pengennya jam biologis manusia dituker aja, pagi jadi malam, malam jadi pagi. Biarlah pagi jadi waktu yang sunyi karena semua penghuni bumi sedang lelap tertidur, lalu malam menjadi waktu yang ceria dan penuh semangat. Anak-anak pergi sekolah di sore hari, orang tua pergi bekerja menjelang malam dan ibu-ibu belanja ke pasar menjelang Ashar. Kan enak kalau gitu! #digeplak

Btw, ngapain saya nulis beginian, ya? Udah malu-maluin, nggak ada manfaatnya pulak! Hiks. Maap. Lagi pengen curcol aja. :')

58 komentar:

  1. toss dulu maaakk...udah gak usah sedih, you're not alone :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. uwaaaaa....senangnyaaa ada temeeeen... #peluuuuk #halah :')))))

      Hapus
  2. hihihihihiiii...tos juga maaaak,tp sejak nikah punya anak sekolah,pagi d biasain bangun dengan perjuangan paling hebat sedunia#lebay tp sabtu minggu d bales kekurangan tidur nya....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk, samaa...aku juga kalau weekend jadi kayak balas dendam karena pas hari sekolah bangun paginya gk ikhlas..yaelah... :')))

      Hapus
  3. Dulu waktu masih di kos atau berangkat laju dari rumah bisa bangun jam 3 dan nggak suka ngantuk.
    Sekarang bangun pahi rasanya suaah bener mak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, aku malah pas mulai kos makin parah...sering bolos kuliah jadinya... -_-

      Hapus
  4. Maaaks, kadan aku jg seriing gitu,,, haduuh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang apa sering kayak aku mak? wkwkwkwk

      Hapus
  5. Untuk (urusan) bangun dan aktivitas pagi, dirimu mungkin (merasa) jadi ibu yang buruk. Tapi masih banyak hal lain yang membuat Fadil dan Nana bangga menjadi anak seorang Winda Krisnadefa *hugs* :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan Mak Sary.

      Tiap manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing2, Mak. Tapi bukan berarti kebiasaan bangun siang menjadikan Emak sbg ibu yang buruk kan? *peyuk*

      Hapus
    2. mak Sary: uaaaa, bisa banget bikin hati meleleh di makRT...huhuhuhu.. #peluk

      Mak Novia: hihihihihi, iya sih...tapi masa tiap bangun kesiangan seringnya ngerasa begitu ya mak... uhuk... #peyukjuga

      Hapus
  6. kt ibuku kl tambah umur tambah sulit tidur malam walo badan capek bgt. suami sy tuh udah mulai gt. kl sy kadang2 aja mak. kl lg sulit tidur dicoba utk baca Quran aja mak. biasanya trus ngantuk. entah knpa gt. setannya kuat nggodanya kali ya? sm dg kl lg nyari barang ga ketemu2, bgitu solat lgsung ingat letak barang itu. hhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, kadang ya aku bawa dzikir atau baca qur'an...tapi kalau emang belum jamnya tetep susah buat tidur pulas...emang habit ini sih kayanya.. :')

      Hapus
  7. sama!!! :'( bedanya saya masih belum ada anak, jadinya suami yang sering jadi korban hahaha btw salam kenal ya mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, mumpung belum ada anak latihan bangun pagi yg rajin ya, biar jadi kebiasaan...wkwkwkwk

      Hapus
  8. kebayang mak, pembiasaan yg susah bgt, secara sdh jd habit puluhan tahun, kalo mengacu sunnah Rosul, jam tidurnya yg hrs diperbaiki lbh awal, lepas Isya udh hrs tidur, susah? emanggg maaak, semacam perjuangan jihad di medan perang mgkn yaa, hehe...tp mending dianggap begitu mak supaya setelan alam pikir kita sadar bahwa ini the real battle yang butuh ektstra ordinary spirit berlapis baja mewujudkannya..niat dan tekadnya kudu ditebelin trs stabillo-in mak, biar makin kereng mksdnya :) abis itu minta deh pertolongan Allah untuk memudahkan dan mewujudkannya,

    hihi...komen ini pasti ga seenak prakteknya, tapi percayalah, Allah melihat niat dan ikhtiar kita mak, selamat berjuang jadi morning mommy, ikut mendoakan dari jauuh :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama sarannya Mak Aulia ini. Bener, deh. Kalau kita udah niat dan usaha, plus doa juga, insyaAlloh mbantu hamba-Nya. ^_^

      Hapus
    2. Maksudnya: insyaAllah, Allah mbantu hamba-Nya. :))))

      Hapus
    3. Kalau itu sih aku banget...Setiap hari selama bertahun tahun suamiku yg bangun duluan.Jd malu..Abis itu grobyak grabyuk di dapu nyiapin sarapan.Antar sekolah blm mandi.Yg lainnya wangi dan rapi

      Hapus
    4. mak Aulia, makasih sarannya mak...akan dicoba latihan...emang iya sih apa2 harus diawali dengan niat dan usaha keras...kurang usaha kali ya akunya? :')

      Mak Isti: aamiin!!! :D

      Mak Nunung: wkwkwkwk, masih mending mak suaminya bangun duluan, lah aku sama suamiku malah lomba2an siapa yg bangun paling siang...-_-

      Hapus
  9. yah,kok sama sih,,,telat bangun,tapi kadang cepet bangun,,,,loh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha aku kok sama kayak mbak Hanna ini..kadang2 cepet kadang2 lama..hahahah..tapi biasanya paling telat Subuh jam 6. kalo di sini hampir2 mau Syurq gitu..hihihi..

      Semangat, maakk..ngirup udara pagi itu wuenak loohh.. *gaya sering ngirup udara pagi, padahal jarang2 juga.. :))

      Hapus
    2. heuheuheu...sering bikin rencana pagi2, misalnya mau joging sekeluarga...boro-borooo..sampe sekarang belum pernah kesampean...lah malemnya tidur jam 3... -_-

      Hapus
  10. Ehm, saya gak jauh beda, hiks :'(. Tapi ayo berjuang terus.... Tiap pagi saya biasanya tetep ngantuk sebelum minum kopi. So, tiap bangun pasti nyalain pemanas dispenser, trus ngopi deh. Rutinitas pagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, berjuang terus!!! #tossgelaskopi :)))

      Hapus
  11. Enaknyaaa, Saya malah kebalikannya mak Winda. Hari libur pingin bangun siang aja mata teteeeeep melek jam 4 pagi. Padahal maunya bisa tidur molorrr klo liburan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, enak banget dong bisa otomatis bangun pagi...hihihihihi

      Hapus
  12. maaak...ini efek samping jadi PNS #janganditiru :D..bangun pagii..asli, karena sudah biasa, badan bangun sendiri...jadi memang kudu niat et biasakan badan juga...#noexcuse :D..ditambah Bo masuk jam 6.30, jadi harus ektra hup-hup di pagi hari..solusinya apa ya? jangan tidur kemaleman kali yaa...biar bisa bangun pagi segaaar :D...ayoo dicoba hehehe..cheers maak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heu euh mak...tidur malem menjelang pagi ii yg racun banget deh...pengen bisa tidur cepet, tapi ya itu kendalanya... :)))

      Hapus
  13. maaaak kirain saya aja yg gak bisa bangun pagi >.<

    dulu, Ibuku juga begitu, malah aku sering gak sarapan gegara Ibu belum bangun :p tp itu bukan masalah kok, hhi..
    cuma ya ituu.. bisa nular ke anak, kek aku ky skg --" syusaaah bangun pagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakkakakakakk, waduh...toss aja deh sama mak ranii.. :')))

      Hapus
  14. Aiiih ada yang ngembarin my bad habit (baca :bergadang). Emang sedari es empe, susah kalo tidur gasik, paling telat jam 1 baru bisa mapan tidur, itupun sambil kriyip-kriyip (mbayangin wajah "Tom Cruise") Hehehe. Sampe udah punya buntutpun itu berlanjut, bedanya saya harus "Stay-On" sebelum subuh beberes sampai anak-swami all out. Don't worry deh Mak, ternyata ada sebagian emak-emak seperti kita. Wkkkki

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaahahahaaa, ternyata banyak temennya.... #lega hahahahaaa

      Hapus
  15. me too, paling gak bisa bangun pagi2

    BalasHapus
  16. semangat mak winda...saya termasuk susah tidur cepat klo malam..rata2 diatas jam 11 malam. bawaannya pengen baca dan bewe aja. lagian sempetnya juga cuman malam.tapi saya selalu niatkan kalau mau tidur "ya allah bangunkan saya besok jam 5 pagi>please ya Allah. biar anak2 bisa jalan2 kesawah" soalnya anak saya ga sekolah mak (homeschooling) ga perlu repot ke sekolah sih tpi tetp aja pagi2 minta main ke kebon atau sawah tetangga ^_^.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak salma...wuaaah kereeeennnnn! anak2 homeschooling sementara emaknya susah bangun pagi..kebayang perjuangan bangun paginya pasti lebih berat... :')

      Hapus
  17. Mungkin faktor kebiasaan kali ya mak. Kalau aku tergantung tidurnya, kalau tidur abis Isya, jam 3an gitu pasti dah kebangun, dah ga ngantuk lagi. Kalau tidur lebih dari jam 12 ya bangunnya bisa sampai jam 6an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau lagi beruntung bisa tidur cepet pun paginya tetep susah bangun aku mak.. #kebo hahahahaa

      Hapus
  18. Kayak aku aja mak. Pasang alarmnya 4 kali tapi diseling 10 menit. Jadi misalnya alarm pertama bunyi jam 4.10... alarm kedua jam 4.20... alarm ketiga jam 4.30... alarm ke empat 4.40...
    Cara ini selalu efektif ditambah taro alarmnya jauh dari jangkauan kita.
    Kalo aku belon sampe alarm ke 4 dah bangun biasanya..hahahah..soalnya suamiku pasti marah2 "pasang alarm siapa yg kebangun siapa!!!... bangun dong!!! Matiin tub alarm kamu!!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. maak, pasang jam jeda 5 menitan mah tiap hari udah aku sama suami lakukan...ujung2nya nunggu2an siapa yg gak tahan, dia yg matiin....wakakakakkk

      Hapus
  19. Alaaah ngapain sih jeng mesti njelasin ke orang2. Pret! Aku dirumah selalu bangun setelah serumah bangun. Padahal aku hrs bikin sarapan + bekal maksi orang serumah. Jadi tiap pagi pasti gedrumbrangan gak karuan krn rata2 cuma punya waktu setengah jam utk nyiapin itu semua, trus hrs buru2 nyetir antar anak sekolah, belum mandi. Trus ke pasar masih muka bantal gitu. Stlh itu aku bales tidur sampai siang. Kalau libur itu benar2 bahagia krn gak perlu diinterupsi bikin sarapan, beli krn aku belum bangun *ngok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. duile mak lusi...ngejelasin juga nggak sih, cuma pengen tahu, apa iya cuma gw doang yg kayak gini ya? soalnya suka ngerasa berdosa sama anak-anak dan suami...apalagi kalau si nana bangun duluan trus ngerengek2, "maa, minta susuu ..." trus baru dibikinin sejam kemudian...wkwkwkwkwk
      soal gedumbrangan emang makanan sehari2 juga nih mak...yg parah, anakku yg gede jd sering bolos gara2 emaknya kesiangan...wkwkwkwkwk
      #ngokjuga ah :)))

      Hapus
  20. Ya Allah mak, kondisi ini sama persis kayak kondisi aku mak. Aku juga orang yang susaaaaah banget bangun pagi. Speechless baca ini mak, serasa membaca diri sendiri, semuanya...semuanya, aku banget mak, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekekekkk...aku juga jadi speechless baru tahu ternyata banyak juga emak2 yg kayak aku...kirain aku doang yg dodol gini jadi emak.. :')

      Hapus
  21. Ternyata nggak cuma saya yg gak bisa bangun pagi haha ternyata ada temen :D memang benar bangun pagi adalah sebuah ujian bagi yg tak bisa bangun pagi -_- pasang 10 alarm tak mempan, bangun sebentar cuma matiin alarm trs tidur lagi -_- #AkuBanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, iya..itu aku banget juga...wkwkwkwkwk

      Hapus
  22. ini nih yang hebat... curcol dengan komentar panjang-panjang... :) *kadang aja jelous sama pajangnya komentar para pembaca setia blog emak gaoel*


    --

    bangun pagi itu memang tantangan, bagi banyak orang sih...
    kalau saya sih kadang-kadang aja, gak selalu.
    tapi dulu saya pernah baca, sebenarnya 'jam badan' kita itu memang tergantung apa dan bagaimana kebiasaan kita.
    kalau saya biasa bangun pagi, suami saya malah gak pernah bangun pagi, karena memang tidurnya selalu habis subuh.
    jadi, memang itu terserah pada kitanya juga...
    kalau mau tidur cepat, biasanya saya paksakan berolah raga minimal satu jam di jam sibuk, jadi malam pasti kelelahan, tapi kalau gak mau tidur cepat, biasanya saya akan tidur siang minimal satu jam setelah dhuhur...

    ya...
    itu juga kebiasaan dari kecil sih....


    selamat berjuang emak gaoel...

    salam
    ephy

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sarannya boleh dicoba nih mak...aku emang kurang olahraga....harusnya capek2 banget siang, biar malem langsung tepar ya....makasih ya mak.. ^_^

      Hapus
  23. maaak.aku tiap hari di bangunin suami. susahnya kalo dia keluar kota.pasti anak2 terlambat sekolah, sahur jg sering banget kesiangan.padahal misscallnya sampe 12 kali aku tetap nggak bangun.. haaaah masalah banget iniy!
    aku juga pengen berubah mak... pengen bisa dan sempat bikin bento-bento itu..#nangiiiis :,(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakk, misscall sampe selusin, udah kayak beli popok bayi.. :')))
      tapi masih mending mak wayaa..lah aku sama suami dua2nya kebooo...-_-

      Hapus
  24. Wah saya juga sama, imsonia, bedaanya bangun pagi saya belum riweuh ngurusin anak sama suami (ya iylah lajang) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eheheheee...
      kalau aku insomnia atau nggak, tetep susah bangun pagi... -_-

      Hapus
  25. mak, punya microwave ga? Klo emang kalong, kegiatan paginya ditarik ke malam. Misal, siapin sarapan. Pilih sarapan yg bisa disiapin dr malam, begitu bangun tinggal cemplung microwave. Mandi? Mandilah air hangat sebelum tidur-bener2 sblm tidur loh. Yg lama mandinya, luluran klo perlu. Biar pagi ga perlu merasa bersalah krn blum mandi, tinggal elap iler doang. Anaknya umur brp? Jelasin konsekuensi, bangun telat sekolah telat. Biar mereka ga terbiasa harus dibangunin dulu utk bangun, setel ac nya mati 3 jam sblm jadwal bangun trus umpetin remote nya. Malah kalo mau tidur setelah anak pergi sekolah atau setelah shalat subuh. Santai aja, selalu ada cara menjadi berguna kok. =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaah, ini nih langkah2 praktis, bisa dicoba...tapi kalau mandi sebelum tidur aku gk berani deh mak...maklum...encok...:)))
      makasih ya maaak..

      Hapus
  26. kalau kesiangan aku bisa pontang panting jadinya siang gak istirahat mbak. makanya aku belain bangun jam 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaaa, bangun jam 4 mbak??? @_@
      aku bangun jam 6 aja mata pedes banget...:((

      Hapus
  27. coba deh mak, begitu bangun langsung mandi pagi, kalo bisa cuci rambut juga (supaya otak seger keguyur air).. hihi..agak ekstrem sih ya :p tapi ini kebiasaanku bbrp tahun ini (mandi subuh + cuci rambut pake air dingin), alhamdulillaah rasa malas dipagi hari hilang, jadinya abis shalat subuh ga tidur lagi tp langsung beraktivitas.. oya mak usahain bangun pas subuh, mandi subuh itu bagus utk kesehatan lho mak.. kalo cara ini ga berhasil juga hubungi dokter ya mak *ups* maaaafff ^^

    BalasHapus