Kamis, 13 November 2014

Prakarya Gampang Berdua Anak, Tanpa Gunting

Assalamu'alaikum.

Suka bingung cari-cari kegiatan sama anak? Lho, kok sama? Kamu ikut-ikutan akoh, ya? Wkwkwkwk. Ngeselin banget lu, mak! 

Tapi bener, kan? Suka bingung kalau di rumah, anak (terutama yang masih balita) mulai bosen maen yang itu-itu aja. Dikasih crayon sama kertas, udah sampe crayonnya telanjang terus dipatah-patahin, eh masih siang aja gitu? Dikasih piring sama gelas warna-warni, biar bisa main aer, eh kamar banjir aja gitu? Dikasih kertas warna-warni sama gunting, eh emaknya nggak bisa santae. Gunting gitu, lho! Nggak boleh banget merem. Trus, kapan bisa leyeh-leyehnya dong kalo genee? #emakmenjerit #deritatiadahabis #mulailebay

Bahagia itu, gak perlu joget maju mundur cantik. Dikirimin buku ini dari Amrik aja udah seneng banget! :D
Nih, saya kasih satu ide sederhana aja buat main-main sama anak. Pake kertas, tapi nggak perlu pake gunting. Aktifitasnya malah katanya bagus untuk anak di bawah 3 tahun, karena melibatkan kegiatan yang menstimulasi motorik halus anak. Adeudeudeuuh, ngemeng kayak pakar anak. Padahal inti dari postingan ini adalah ... pengen leyeh-leyeh sebentar. Hyahahaha!

Sebenernya ini bukan ide saya. Ah, siapalah saya, yang bisa menemukan ide baru. Kata orang Sunda, "There's nothing new under the sun." Yang artinya, nggak ada jemuran di bawah matahari. #lupakan #krikbanget Kebetulan, saya baru dikirimin buku sama sodara sepupu. Isinya tentang prakarya simpel yang bisa kita lakukan dengan anak-anak. Salah satunya adalah Torn Paper Picture. Artinya? Gugel aja sanah! #songong

Jadi buat emak-emak yang masih agak kurang PD melepas anaknya megang gunting sendiri, prakarya ini bisa dicoba. Gampang, gak banyak peralatan dan murah meriah hepi. Cucok banget sama motto hidup saya yang ala ala selebriti ini: merki alias pelit. Nyok, kita mulaiyy!

Alat dan bahan:

1. Kertas warna-warni.
2. Karton bekas 1 lembar
3. Lem

Dikit banget, kan bahannya?

Cara membuat:

Siapkan peralatan. Karena kalau peralatan tidak siap, berarti mereka sedang istirahat di tempat. #ngik

Mulai sobek-sobek kertas warna-warni sesuai dengan bentuk gambar yang mau dibuat. Nggak usah rempong pengen bentuk yang sempurna. Apalah kita ini, manusia tiada yang sempurna, toh?

Mulai tempel-tempel deh sobekan-sobekan kertas tadi di selembar karton bekas. Inget, karton bekas, ya. Kenapa? Nggak kenapa-napa sih, kalo saya ya, karena ngirit aja. Wkwkwkwk. Eh, ini ngerjainnya berdua sama bocah ya. Jangan emaknya doang yang asik. Trus anaknya ke mana, dong?
Dan, tadaaa! Jadi, deh! Kalau mau disimpen, ya bolehlah dilapis laminating. Atau dikasih frame sekalian? Belinya di mall gitu. Ujung-ujungnya, jadi mahal juga modalnya. Wkwkwkwk.

Yah, begitulah. Intinya, have fun ajalah sama bocah. Nggak punya mainan mahal, ya main pake yang ada di rumah. Nggak punya tenaga keluar rumah, ya kreatiflah main di rumah. Nggak punya ide mau maen apa, ya untung banget kan baca postingan ini? #angkat2alis 

21 komentar:

  1. Bahannya sederhana ya, Mbak, tapi hasilnya bagus banget. Inilah yang disebut kreativitas itu ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng banget ada inpirasi buat ngabisin waktu dgn anak2 :)
      makasi y post nya
      bermanfaat banget mbak.. :D

      roaming
      Fiber optic

      Hapus
  2. itu kalau anaknya masih balita ya mak, dan sederhana tapi bisa merangsang kreativitas.

    BalasHapus
  3. Tp jd cantik gitu. warna/i nya.

    BalasHapus
  4. asiiiik...bisa nih main ini sama anak2

    BalasHapus
  5. Baca artikelnya Tante ini jadi inget jaman saya kecil dulu. Setiap libur sekolah, Ibu saya udah nyiapin banyak kertas lipat warna-warni. Terus saya lipet-lipet itu bikin origami binatang dan hasilnya saya kelompokin kayak di kebun binatang, hehehe.

    BalasHapus
  6. kerjaan Fayra tiap hari kalo pulang sekolah nih

    robek, gunting, tempel hahaha

    BalasHapus
  7. anak kelas 4 sd ada nih tugas bikin kolase kaya' gini... :D

    BalasHapus
  8. ini berguna banget secara anakku memang ga bisa diem :D moga2 dia suka diajarin kegiatan baru gini

    BalasHapus
  9. Mainan kreatif murah nan meriah... :D
    Yang penting memang quality time-nya dengan anak ya ;)

    BalasHapus
  10. asyiiiikkk... mau main sama Noofa jugaa ahh :D

    BalasHapus
  11. cocok buat aku ama Obi hehehe...tapi Obi masih bahagiaaa dengan krayon telanjangnya yang sudah patah patah plus kertas bolak balik gambar putri dan mamanya hehehe...

    BalasHapus
  12. Kreatif banget, jadi inget kayak aku waktu SD dulu.
    Aku sempet bikin kerajinan tangan yang kayak gini.

    Halo Muda Teknologi Dunia

    BalasHapus
  13. tak kira mau buat origami..
    ternyata kerajinan dari kertas yang ditempel2..
    kreatif banget mak..hehe

    BalasHapus
  14. bener banget tuh mak..
    prakarya yang bagus buat ngelatik otak anak dan juga membuat hubungan anak dan orang tua semakin dekat :D

    BalasHapus
  15. Bagus juga mbak, prakaryanya dan cukup kreatif buat mengasah kreatifitas anak - anak

    BalasHapus