Rabu, 15 April 2015

Yok, Berbagi Bahagia!

Assalamu'alaikum.

Kemarin saya baru terpana baca twit seseorang yang mengatakan, jika punya waktu satu menit, orang tersebut ingin diam sambil menyemangati dirinya sendiri di pagi hari. Saya bengong di depan laptop sambil mikir, "Wah, gak kepikiran sama sekali untuk meluangkan waktu untuk nyemangatin diri sendiri tiap hari." Padahal kalau dipikir-pikir, penting banget kan memulai hari dengan semangat supaya seharian kita happy. Kalau ditanya ke saya, kalau punya waktu diam selama satu menit, maunya mengingat hal-hal yang membuat saya bahagia. Udah nyobain sendiri, mikirin masalah hidup (tanpa mikirin cari solusinya) malah bikin isi kepala tambah mumet. Tapi kalau lagi ingat-ingat masa-masa bahagia, kepala langsung berasa enteeeng banget. Apalagi kalau inget masa-masa pacaran sama bapaknya anak-anak dulu. Lah? Hihihihihi.




Semakin bertambah usia, saya mulai sering melempar pertanyaan-pertanyaan ke diri sendiri, seperti, "Sudah melakukan hal baik apa kamu hari ini, Mak?" Dan satu pertanyaan yang juga sering saya lempar ke diri saya sendiri, "Apakah kamu bahagia?" Alhamdulillaah, tanpa perlu berbohong sama orang lain apalagi bohong sama diri sendiri, saya merasa bahagia. Masalah sih datang dan pergi setiap saat, yah namanya juga hidup ya. (Ngunyah sirih).


Buat saya, rasa bahagia itu berhubungan erat dengan rasa syukur dan banyak berbagi dengan sesama. Semakin banyak bersyukur pada Yang Maha Kuasa, semakin terasa oleh saya betapa baiknya Tuhan kepada saya selama ini. Dianugerahi keluarga yang mencintai dan sangat saya cintai. Kami hidup saling menyayangi (walaupun sering ada drama emak ngomel, anak ngambek dan suami berantakan, eheum curcol). Kalau udah gitu, melihat kebahagiaan orang lain yang "lebih beruntung" (dalam tanda kutip) dari saya pun saya nggak langsung diliputi rasa iri. Karena kebahagiaan tiap orang kan ukurannya beda-beda, ya. Buat saya, bahagia bersama keluarga adalah kebahagiaan terbesar.


Berbagi dengan sesama juga memberikan dampak bahagia yang signifikan untuk saya. Sama seperti virus flu, kebahagiaan sebenernya gampang banget ditularkan. Banyak cara menularkan kebahagiaan dengan orang lain. Berbagi rejeki dengan yang membutuhkan. Berbagi ilmu lewat percakapan atau tulisan di blog. Berbagi informasi dan berita yang bermanfaat untuk banyak orang. Atau mungkin sekedar berbagi lelucon yang membuat orang lain terhibur. Intinya, berbagi kebahagiaan, deh. Lagian belum pernah denger sih, orang jadi sakit atau miskin karena berbagi kebahagiaan. Oh ya, satu lagi, berbagi kebahagiaan gak perlu nunggu kita banyak uang dulu, kok. Cuma butuh niat dan action. 


Sejak ngeblog dan menjadi penulis novel, kebahagiaan saya yang lain datang dari teman-teman di komunitas menulis dan ngeblog. Setiap diskusi selalu membuat saya (merasa) bertambah ilmu. Setiap kritik dari para sahabat penulis dan blogger merupakan vitamin motivasi untuk saya. Mereka adalah salah satu inspirasi kebahagiaan saya juga selama ini. Bahagia bersama sahabat kan juga bisa jadi terapi untuk mengatasi rasa jenuh kalau terlalu lama terperangkap rutinitas di rumah.


Seperti yang saya katakan sebelumnya, kebahagiaan tiap orang pasti berbeda-beda. Jadi pengen tahu juga kisah bahagia teman-teman Emak Gaoel di sini seperti apa. Share, yuk? Bahagia dong kalau bisa berbagi kebahagiaan dengan teman melalui kisah bahagia kita? Apalagi kalau kisah bahagia kita bisa menang lomba berhadiah uang total Rp 7.700.000. Eh, gimana?


Hihihihi, iya! Ikut lomba menulis Berbagi Bahagia bersama TabloidNova.com bisa menang jutaan rupiah, lho! Caranya gampang banget. Teman-teman tinggal menulis kisah bahagia di blog dengan beberapa kata kunci (karena ini kontes SEO), lalu submit tulisan di blog ke microsite kontes Berbagi Bahagia bersama TabloidNova.com. Jangan lupa juga untuk follow akun socmed Tabloid Nova,com di FB, Twitter dan G+. Pasang banner lomba di side bar blog. Baca yang teliti seputar syarat dan ketentuan teknisnya ya, supaya gak kena diskualifikasi. Lomba ini berlangsung mulai 14 April sampai 31 Mei 2015. Masih banyak waktu, kan? Selain uang tunai, pemenang juga akan mendapat hadiah gratis berlangganan E-magz Tabloid Nova selama 3 bulan, lho!


Panjang tulisan minimal 350 kata dengan maksimal tidak dbatasi. Perhatikan kata kunci yang diminta dan backlink-nya. Semua ada di microsite lomba, kok. Nant setelah post di blog dan submit, jangan lupa juga untuk share di social media kamu dengan hashtag #NOVABERBAGIBAHAGIA. 

Tunggu apa lagikah? Buruan, deh!    


37 komentar:

  1. Wuhuuuu.... Kereeen nih Mak. Bookmarked!

    BalasHapus
  2. Wih.. saya lombanya SEO, saya masih blogger baru dan nggak terlalu paham :(

    BalasHapus
  3. eh iya jg ya, penting itu menyemangati diri sendiri.. apalagi klo trus qta jadi semangat trus bikin org lain bahagia. Ngiler sama hadiahnya mamakkk..

    BalasHapus
  4. Emmm... lomba SEO... tantangan baru nih ya :D

    BalasHapus
  5. Menarik! mau coba ikutan lombanya ah :D

    BalasHapus
  6. Ahay ikutan ah.... Mudah-mudahan kali ini rejeki...

    BalasHapus
  7. Benuuul setiap pagi bahkan setiap saat kudu menyemangati diri sendiri tapi paling perlu setiap pagi sblm mulai beraktifitas..kalo perlu pake selfie "cemunguth eaaa kakaaa" :)

    BalasHapus
  8. Mak...tulisanmu renyah bingit...pengen #berguru...eaaaa...

    BalasHapus
  9. Bookmark ah. Kudu ikut nih. :)

    BalasHapus
  10. Wah..kebetulan pas mau bikin postingan tentang "bahagia" eh...ada lomba ini... Okey deh aku draft dulu tulisannya buat diposting utk lomba ini... Mksh ya Mak telah berbagi info lomba ini...

    BalasHapus
  11. SEO? Jadi mikir..ikut..ga..ikut..ga

    BalasHapus
  12. Tak perlu menunggu kaya atau berlimpah harta untuk bikin orang bahagia.
    Sepakat pake bingits, Mak. Semoga saya mampu menjalankannya.

    BalasHapus
  13. hheiheie asyeikkkkkkkkkkkkk ikutan ah

    BalasHapus
  14. ikutan akh...thank u infonya mak

    BalasHapus
  15. Aku juga pengen berbagi kebahagiaan biar adapat hadiah ini aahhh hihi, sik cari wangsit duluu

    BalasHapus
  16. Tandain....bikin cerita apa yaa

    BalasHapus
  17. Komentar ini akan diam di blog ini selama-lamanya untuk menyemangati emak gaoel.... :D

    BalasHapus
  18. Bahagia bersama keluarga adalah kebahagiaan terbesar.. setuju Mak.. :)
    Info menarik tentang lombanya ..makasih Mak..

    BalasHapus
  19. Melihat foto-foto Mbak Winda yang selalu tersenyum sumringah sudah membuat saya bisa merasakan kebahagiaan Mbak di foto tersebut.
    Makasih inspirasinya :-)

    BalasHapus
  20. Emak Gaoel ini emang tampaknya selalu bahagia, ya :)
    makasih ya Mak untuk share cerita dan info kontesnya :)

    BalasHapus
  21. keren nih, jadi pengen ikutan

    BalasHapus
  22. Selalu bahagia mbak..bagus sekali artikelnya ini

    BalasHapus
  23. insya Allah ikut. hadiahnya menggiurkan ya mak :)

    BalasHapus
  24. in sha Alloh ikut... makasih infonya mak..

    BalasHapus
  25. He he, menarik mba tulisannya, gara-gara baca ini jadi ikutan nulis...barangkali tulisan mba juga inspirasi kebhagiaan saya untuk ikut nulis

    BalasHapus
  26. asyikk...ada lomba...bookmark dulu...

    BalasHapus
  27. betul mak, setuju banget. bangun tidur biasanya langsung ribet ngurusin ini itu deh.

    BalasHapus
  28. Bahagia itu sederhana ya Mba :D , makasih udah memberi inspirasi

    BalasHapus
  29. yee, saya sudah ikut, terimakasih atas inspirasi bahagianya ya :)

    BalasHapus
  30. Harus dicoba ne,, tapi apakah hasil karya tulisannya juga di nilai?

    BalasHapus