Kamis, 14 Mei 2015

Cara Mudah Memanfaatkan Akun Twitter untuk Penghasilan Tambahan

Assalamu'alaikum.

Haloo! Yok, ngobrol-ngobrol soal cari income tambahan lewat akun Twitter. Mau? Mau? Mau? Ya, namanya juga income tambahan yaa, jangan ngarep yang bombastis kayak "Dapatkan ratusan juta dari internetmu!". Kalo ngarep yang begituan di sini, gak bakalan nemu. Tapi kalo kamu nemu di tempat laen, kasih tau saya, ya. #Lah?

Punya Twitter? Udah pernah dipake buat "jualan"? Jualan ala-ala Twitter di dunia social media akrab disebut buzzer. Hari gini udah banyak banget perusahaan atau EO yang mengandalkan akun personal buzzer sebagai salah satu tool marketing atau promo mereka. 



Tapi kan jarang-jarang bisa dapetin job jadi buzzer di Twitter. Apalagi kalau masih fakir followers. Hiks. Belum lagi kalau produk atau event-nya gak sesuai sama profil kita. Misalnya, yang anti rokok, tau-tau dapet tawaran nge-buzz event yang disponsorin sama perusahaan rokok. Duh, bayarannya mayan, tapi bertentangan dengan hati nurani. Yaelah, tolak aja kalo gitu, mah. Hihihihi.

Nih, saya kasih tau gimana caranya bisa dapet job nge-buzz di akun Twitter kamu tanpa perlu punya followers ribuan (walaupun rate-nya nanti memang ditentukan sama jumlah followers kamu, ya) dan gak usah khawatir dengan jenis job yang ditawarkan, karena sejak awal registrasi kita udah menentukan sendiri produk dan event apa aja yang kita ijinkan untuk di-buzz melalui akun Twitter kita.



Yok, kenalan sama Sociabuzz. Kebetulan saya udah hampir setahun daftar di Sociabuzz. Awalnya cuma iseng aja, pengen tau bisa dapet job kayak apaan sih kalo jadi buzzer? Sociabuzz itu adalah sejenis perusahaaan yang bergerak di bidang Marketing Platform yang kerjanya menghubungkan pengiklan (brand, agency, EO, dan lain-lain) dengan Twitter Buzzer untuk menciptakan awareness, minat dan keinginan calon konsumen terhadap produk yang diwarakan.

Gimana cara kerjanya? Nggak usah ribet mikir bakalan susah bikin twit iklan 140 karakter di Twitter, karena kalimat twit biasanya sudah disediakan oleh pengiklan dan diinformasikan oleh Sociabuzz ke email kita. Terus, buat yang males nge-twit atau suka lupa nge-jadwal twit, gak usah bingung. Sociabuzz yang akan meng-twit iklan tersebut melalui akun Twitter kita, tentu saja atas persetujuan pemilik akun terlebih dahulu. Bingung? Kita bedah satu-satu dulu, ya.

Bagaimana Sociabuzz bekerja?
Sociabuzz bertugas menghubungkan pengiklan (brand/agency) dengan Twitter Buzzer. Pengiklan mempromosikan produk/event-nya melalui akun Twitter Buzzer yang terdaftar di Sociabuzz, Twitter Buzzer akan mendapat penghasilan dari setiap twit iklan yang dilakukan untuk pengiklan.

Cara gabung, tinggal klik di sini. Lalu lengkapi formulir pendaftaran, dan tinggal tunggu aja tawaran iklan dari pengiklan melalui email yang dikirim oleh Sociabuzz. Dalam formulir pendaftaran juga akan tersedia, jenis-jenis produk atau event apa saja yang kita bersedia iklankan. Misalnya nggak minat sama otomotif, nggak usah centang bagian otomotif. 

Tapi kan ... followers akoh ... *lalu nangis di pojokan* 
Hih! Makanya eksis dong di Twitter! Nyiahahaha, minta ditampol. Nggak papaaaaa, lageee. Berapa pun jumlah followers kamu, kamu bisa gabung di Sociabuzz. Tentu aja, harga iklan akan berbeda dengan mereka yang jumlah followersnya ratusan juta. ((RATUSAN JUTA))). Tapi daripada udah followers dikit, nggak bisa buat nyari duit pula? Ngenes, kan? Hihihihi. 



Emangnya bisa dapet berapa kalau gabung di Sociabuzz? Ini tergantung banget sama berapa banyak tawaran iklan dari pengiklan yang kamu ambil. Dan juga, di awal pendaftaran akan ada penentuan Price Per Buzz yang hitungan otomatisnya dilakukan oleh sistem Sociabuzz senilai minimal 25% dari jumlah followers kamu. Kamu masih bisa ubah Price Per Buzz tersebut, selama nominalnya tidak lebih rendah dari 25% dari jumlah followers. Untuk acuan aja, waktu followers saya 2.000an, saya mengajukan Price per Buzz sebesar Rp 50.000 dan disetujui oleh Sociabuzz (walaupun sistem menentukan berdasarkan jumlah followers waktu itu hanya sebesar Rp 500, didapat dari 25% dari 2.000).

Total pengasilan yang bisa kamu dapat adalah 60% dari total penghasilanmu. Yang 40% buat Sociabuzz. Biaya jasa gitu, deh. Alhamdulillah, saya udah melakukan dua kali withdrawal di Sociabuzz, lancar dan menyenangkan. *Yaeyalah, seneng. Duit enak. Ngetwit-nya aja di-twit-in. Hihihihi*


Eh, emang aman koneksiin akun Twitter kita ke Sociabuzz? Secara mereka yang nge-twit lewat akun Twitter kita, lho! *lalu deg-degan* 
Insya Allah, aman kakaak. Karena Sociabuzz gak pernah minta password akun Twitter kita. Dia bekerja pakai sistem yang namanya OAuth, yang tugasnya cuma meng-koneksikan akun Twitter kita aja untuk kepentingan nge-twit. Udah.

Jadi kalau kamu udah gabung di Sociabuzz, rajin-rajin cek email, karena tawaran iklan dikirimkan melalui email (kadang suka nyasar ke SPAM folder, kalau masih baru-baru. Add aja kontaknya, biar gak masuk ke SPAM lagi). Dan tiap tawaran membutuhkan konfirmasi dari kita terlebih dahulu untuk bisa tayang. Ada beberapa ketentuan yang perlu diikuti agar buzz yang kita lakukan tidak hangus. Baca yang teliti Terms and Conditions-nya. Don't worry, semua pake bahasa Indonesia, kok. Bukan bahasa India. 


Kalau ada tawaran iklan yang gak mau kamu ambil, kamu juga bisa tolak, kok. Pokoe, ini fleksibel bangetlah. Kalau mau mengubah isi twit sesuai dengan gaya bahasa kamu pun diperbolehkan. Tentu saja, setelah diubah, harus mendapat approval dulu dari pihak pengiklan, ya. 

Buat saya sih, ini penghasilan senang-senang aja. Nggak repot, aman dan bisa disesuaikan dengan kemauan kita. Soal besar atau kecilnya penghasilan, ya sesuaikanlah sama usahanya. Ini mah, sampe nge-twitnya aja dibantuin, ya pasti beda sama nge-buzzer-in sendiri. Hihihihi. Atau boleh lihat dulu video tutorialnya kalau mau jadi pengiklan atau buzzer di Sociabuzz ini.







68 komentar:

  1. Kalau jumlah follower yang ideal utk ikut yang seperti ini berapa Mbak? Secara ku ingin juga menambah penghasilan dari twitter...tetapi yg follow aku masih minim banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa aja jumlah followers bisa ikutan kok. Tapi emang makin banyak ya makin bagus. Apalagi kalau didukung nilai klout score yang tinggi. :)

      Hapus
    2. Klout itu untuk parameter apa ya mbak? Bisa gak kapan2 dishare ke kita2 dalam blog Emak Gaoel ini... maklum nih diriku newbie dan gaktek...

      Hapus
  2. Wah jd pgn nyobain... gw suka yg begini. Mksh mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba, semoga lancar dan bermanfaat.. :D

      Hapus
  3. Cuma baca ini kok jadi ngakak yaak .."Tapi daripada udah followers dikit, nggak bisa buat nyari duit pula? Ngenes, kan? Hihihihi.

    jadi pengen juga nyobain ah mak daripada ngenes. Makasih infonya

    BalasHapus
  4. honor per twit senilai 25% dari jumlah followers?
    Jadi misalnya followernya 10.000 honor pertweet cuma Rp 2.500 ya?
    wow....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lupa liatnya di mana, tapi waktu followers aku masih 2000an, price per buzz aku Rp 50.000. Coba langsung hubungi adminnya. Itu kan nilai minimal. :)

      Hapus
  5. Lah follower daku cuma 800 Mak, kagak dilirik pastinya ixixixi. Nice share, thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok. Silakan baca2 FAQ di Sociabuzz-nya, mbak.. :D

      Hapus
  6. wah... menarik nih, tapi follower saya dikit pake bingiit :D, tapi jadi semangat buat aktif di twitter biar banyak followernya n bisa daftar sociabuzz :)

    BalasHapus
  7. makasih..inponya mak...masih fakir follower nih mak..ajarinlah..gimana bisa banyak followernya..baru bis soalnya he he he

    BalasHapus
  8. keren ni sociobuzz, tengkyu maaak...

    BalasHapus
  9. jadi makin semangat pengen aktif di twitter nih. TFS Mak

    BalasHapus
  10. Terima kasih sudah share, Semoga berkah. Aamiin

    BalasHapus
  11. Jadi pengen coba Mak. Selama konten twitnya kita bisa milih, it's ok. Sambil nabung receh :D

    BalasHapus
  12. Hi..hi.. malu deh, followernya masih bisa diitung dengan jari. Tapi harus tetap usaha ya Mak :)
    Makasih infonya Maak..

    BalasHapus
  13. jadi pengen nyoba nih, padahal udah lama ga aktif twitter. makasih infonya mak.
    oh iya, salam kenal juga, bloger baru :D

    BalasHapus
  14. ijin bookmark dl mbak...makasih ya infonya....
    duh saya masih fakir follower nih *nangisgulingguling :((

    BalasHapus
  15. Informasi yang menarik. Boleh juga di coba nih kapan-kapan, siapa tahu aja mendatangkan hasil. Tapi... harus nyengir dikit nih kalau berdasarkan followers, soalnya jarang di pakai twitter guenya.

    BalasHapus
  16. "Apalagi kalau masih fakir followers"

    ajegile, bahasa si ibu
    ho ho ho

    saya banget tuh, belom sampe 1000
    tapi pengen ikutan ah
    makasiiiiiiiiiih infonya :)

    BalasHapus
  17. Haduh... jadi namanya sosiabuzz ya mbak. Saya korban iklan. Mernurut saya seperti spam malah. Tapi layak dicoba kok, Kali aja rejeki yang lain. Hehe

    BalasHapus
  18. Wew,, boleh juga nih dijajaki ~_*

    BalasHapus
  19. lumayan juga nih buat nambah uang saku, boleh dicoba juga

    BalasHapus
  20. wohhhh, sebelumnya aku udah mondar mandir lihat link ini mak, tapi pas baca persyaratan , katanya followers minimal 1000. Nah followers aku baru 700an lebih dikit. Tapi barusan nekat aja daftar, siapa tau hoki :p

    BalasHapus
  21. Jadi mak winda kapan mau ngasih kerjaan ke saya? Haha

    BalasHapus
  22. Makasih mak info kerennya, daftar aaah biar dapet job review

    BalasHapus
  23. Hiyahahaaa... postingan Mak Gaoel ini biarpun unyuuu dan rawan jitakable, tapi fulll energi dan manfaat :))

    BalasHapus
  24. makasih mak winda infonya..langsung daftar nih aku :)

    BalasHapus
  25. Udah ikutan beberapa bulan tapi gak dapet2 email, apa perlu daftar ulang ya? sarannya dong kakaaak

    BalasHapus
  26. Aku udah terdaftar di sociabuzz. Udah ikutan juga. Nah yg jadi pertanyaan, cara pembayarannya gimana tuh mak? :)

    BalasHapus
  27. Belum pede. Twitternya buat galau galauan doang hihi

    BalasHapus
  28. Pakai bayar gk mbak,,,,,,Gmna caranya

    BalasHapus
  29. tapi kan.. followers akoh.. biar dikit juga emang gak menghasilkan... huaaaaa

    BalasHapus
  30. mau atuh lah... aaakk bener, followernya aja masih sekitar 200n,, ih dikit banget yak >,<

    BalasHapus
  31. Makasih infonya..daftar ah biar bisa dapat kerjaan buzzer juga kayak dirimu

    BalasHapus
  32. Ijin bookmark mbak...infonya lagi-lagi kereeennnn :)

    BalasHapus
  33. Wuih...menarik, ya iyalah dpt duit heheshe... follower ku belim nyampe seribu :)

    BalasHapus
  34. Wooowww sepertinya boleh nih dicoba.. pede aja ah walaupun followersnya cuma 1000an

    BalasHapus
  35. emailnya email twitter atau email kita sekarang ya, Mak?

    BalasHapus
  36. oiya aku daftar gak sukses2 huhuhu kenapa ya, Mak? :(

    BalasHapus
  37. mantab, makasih sharingnyaa

    BalasHapus
  38. Menariiik...makasih Infonya, ya Mak :)

    BalasHapus
  39. yes, berhasil Mak, thanks ya infonya

    BalasHapus
  40. Hajar aja deh! Makasih infonya yah mak *walaupun followers cuma 500-an* ehh yang mau follow aku boleh loh di twitter @vitamasli, yg blogger (asal ngasih tahu aku) ntar aku folbek deh *hahahahahhaa... aji mumpung*

    BalasHapus
  41. mauuuuu...wkwkwkwk emak-emak mata duitan langsung berkilau matanya liat peluang :))

    BalasHapus
  42. Jadi mau coba juga nih, daripada punya follower dikit dan gak dapet duit, hehehe

    BalasHapus
  43. Aku udah lama ikut ini. Dulu nyontek Di siapa yaa, lupa. Cuma 1x ngebuzz sampe skrg karna ga dilirik :p

    BalasHapus
  44. Jadi pengen nyoba mbak. Makasih ya

    BalasHapus
  45. utk skr, msh lbh seneng bacain iklan2 dr buzzer nih mba :D..

    BalasHapus
  46. walaah, followerku fakir abiis, tapi kepengin ikut hehe

    BalasHapus
  47. Galau. Followerku 500 aja kagak sampe..dibayar berapa tuh? Daftar, enggak, daftar..

    BalasHapus
  48. jadi pengen ikutan maak dan sudah liat videonya, tapi masih belum ngerti maksud "sebelum buat iklan perlu isi saldo yang ingin di tambahkan, dan siapa yang menambahkan."*tuh kan ketauan gak ngertinya.

    BalasHapus
  49. Boleh juga infonya... mau coba ah.. klo daftar ga ada expired date daftar nya kan mbak?
    oia, klo blogwalking main2 ke www.klubisnis.com ya mbak hehehe

    BalasHapus
  50. wah, thank you infonya mak,

    BalasHapus
  51. Halah.. jangankan 2000, 500 aja enggak nyampe Mak account twitter Ku. Tapi Oke banget Infonya. makasih Mak. :) (Sambil mikir gimana nambah follower :D

    BalasHapus
  52. Ass... Tenkyu infonya ya Mba dan manfaat... Coba ikut yaaa..... Salam..

    FB : Asrul PoskoHijau

    BalasHapus
  53. Nyoba aaah...
    Aku pernah, Mak yang kayak gini. tapi nggak lewat sosiabuzz sih. Pernah dibayar pulsa 100rb. hehe

    BalasHapus
  54. seru2 sekali nih mak gaul, tapi biar lebih seru kita folow2an aja yuk.biar nambah folower, kayanya yang udah ngumpul dan komen disini ratusan nih, boleh kan mak gaul.

    BalasHapus
  55. WAH, sepertinya ini menarik, saya pengen coba tapi followers saya masih sedikit, kalau like fanspage sih bejibun sampae 10.000-an

    BalasHapus
  56. Trims ya Mak buat sharing infonya. Berguna banget buat saya yang mau cari penghasilan tambahan.

    BalasHapus
  57. weh keren ternyata bisa pakai buat cari uang toh, sayang akun sy followernya masih bisa diitung pake jari

    BalasHapus
  58. Terima kasih atas infonya. Sayang saya ga punya account twitter.

    BalasHapus
  59. Bulan juni lalu saya bilang pengen nyobain... trus lupa.... trus baru sekarang memaksa diri daftar. hahahaaha.... TFS Emak Gaoel....

    BalasHapus