Kamis, 10 September 2015

10 Cara Gampang Memaksimalkan Interaksi di Fanpage Facebook

  30 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Punya fanpage di Facebook? Ih, situ artis? Jiahaha, minta ditempeleng. Kalau kamu blogger, pengen improve kelihaian dan kebohayan di jagad social media, bikin fanpage, deh! Saran aja. Banyak manfaatnya, lho buat perkembangan kejiwaan blog kita. "Tapi, Mak, ngumpulin likes di fanpage kan susaaah!" 

Eyymm! Susah bingit emang ngumpulin likes di fanpage. Sama susahnya kayak ngumpulin followers di Twitter atau gambar hati di foto Instagram. Intinya, ya emang kalau mau dapet likes/followers/hearts di social media, banyak berinteraksi. Kecuali kalau emang pengen jalan pintas, ya beli aja followers. Saya mah ogah. Itu orang beneran, apa orang-orangan sawah yang dijual? Wkwkwkwk.


Buat ilustrasi, fanpage Emak Gaoel dibuat sekitar empat tahun yang lalu. Waktu itu dibuatin sama seorang sahabat blogger saya. Tujuannya cuma satu, buat promosiin novel pertama saya, Blackbook. Dipikir-pikir, kok baru bikin fanpage pas bukunya udah rilis, sih? Heu euh, saya mah orangnya lelet. Makanya, biar yang lain gak ikut-ikutan lelet kayak saya, saya bikin postingan ini. Kalau ikut-ikutan kece kayak saya boleh.

So, empat tahun fanpage Emak Gaoel, baru bulan lalu nembus angka 1.000 likes! Whew, lama, ya! Ini karena selama ini saya memperlakukan fanpage buat tempat nitip link postingan baru doang. Eh! Itu juga ketolong banget sama sering ngadain lomba dan giveaway yang salah satu syaratnya HARUS like fanpage Emak Gaoel. Bwahaha, pokoknya usaha. Saya sempat mikir, "Lah kalau sering-sering ngadain lomba, kan tekor juga gueee!"

Lagian, pasti ada cara yang lebih "manusiawi" memperlakukan fanpage ini. Coba pikir, kenapa di wall Facebook pribadi kita, status aja bisa dapet puluhan komen dan likes? Kenapa giliran di fanpage kok susah banget? Padahal hampir semua fans di fanpage kita adalah teman-teman kita juga di akun pribadi Facebook. Betul? Kenapa coba? Kenapaah?  Bisa jadi karena feel personal-nya lebih terasa di akun pribadi, kan ya? Jadi, kalau mau fanpage kita seramai di akun pribadi, perlakukan fanpage juga sebagai perwakilan personal kita. Interaksi kayak balas-balasan komen ya jadi wajib. Ucapan terima kasih kalau udah di-like ya sebaiknya juga dilakukan di fanpage. Uhuk, ini saya juga masih belum sempurna melakukannya. Soalnya aku kan sibuk, kakaaak! Halesyan.

Kata banyak pakar social media, interaksi adalah kunci sukses seseorang di social media. Kalau interaksi hidup, fanpage, Twitter, Instagram, dan lain-lain, pasti dengan sendirinya ramai. Kalau udah ramai, fans dan followers otomatis bertambah terus. Yok, mulai sekarang kita cobain beberapa trik untuk memaksimalkan interaksi di fanpage kita. Ini juga berlaku buat saya, karena belum semuanya bisa saya lakukan. Pelan-pelan aja. Mulai dari yang gampang-gampang dulu. Hihihihi.

Minta Saran dari Masalah Kita

Nggak ada yang terasa lebih personal dan dekat dari saat seseorang meminta saran dan bantuan kita. Betul? Secara psikologis, seseorang selalu merasa "tersanjung" jika diposisikan sebagai pihak yang dimintai bantuan. Bolehlah sesekali posting minta saran di fanpage, untuk memancing interaksi dari fans kita.

Misalnya, "Saya lagi butuh saran, nih. Blog ini lebih bagus pakai template warna pink atau ungu, ya?" Atau bisa juga, "Teman saya lagi ada masalah dengan asuransinya. Saya nggak terlalu paham soal asuransi. Ada yang bisa bantu?" Jenis pertanyaan bisa disesuaikan dengan tema blog kita. Kalau misalnya kamu food blogger, bisa minta saran tempat makan di suatu tempat, misalnya. Kalau kamu beauty blogger, bisa minta bertanya experience memakai brand tertentu. Atau travel blogger mungkin bisa tanya dan minta saran seputar jalur terdekat dan termurah untuk ke suatu destinasi.

Fun Poll atau Survey

Sesekali ajak fans di fanpage kita untuk ikutan survey atau polling yang nggak susah. Usahakan polling seputar sesuatu yang kekinian dan menyenangkan Misalnya, polling tempat ngopi favorit di kotamu. Atau polling outfit yang paling pas untuk weekend. Ah, tergantung kreatifitas aja itu, mah. Saya cuma kasih contoh aja.

Polling atau survey yang ringan semacam ini biasanya bisa memancing interaksi juga karena buat yang tertarik dengan tema polling/survey pasti penasaran ingin tahu, apakah pilihan mereka yang terbanyak dipilih. Ya, abis polling, jangan lupa kasih lihat hasil polling-nya, ya. Biar poll! Halah.

Minta Dibuatkan Caption Foto

"Gaess! Foto ini captionnya cocoknya apa, ya?" Pasang foto selfie kamu lagi duck face. Hahahaha. Cara ini paling pas buat travel blogger sih, kalo kata saya, ya. Soalnya travel blogger kan foto-fotonya cakep-cakep gitu. Apalagi kalau fotonya outdoor, di alam terbuka dengan pemandangan indah yang romantis. Duh, mancing banget bikin puisi buat captionnya. Hihihihi. Biasanya, memancing kreatifitas orang bisa menciptakan interaksi juga, lho. Boleh juga ini dilakukan sesekali di fanpage. Atau foto liputan suatu acara misalnya. Kayak foto yang saya pinjem dari blognya Mbak Katerina S, travel blogger kondang itu, yang ini. Menurut kamu, caption yang pas buat foto di bawah ini apa, ya?

.
Foto milik Mbak Katerina. Follow her blog here
Berbagi Quote atau Gambar yang Menginspirasi

Jadwalkan aja sekali dalam sehari di fanpage share satu kutipan inspirasional dari tokoh terkenal. Ini udah yang paling gampang banget buat minimal dapat jempol. Maksimal, dapat re-share. Karena apa? Karena orang baik lebih banyak dari orang pelit. Dan orang baik biasanya hatinya mudah tersentuh dan terinspirasi. Lagian, kita juga seneng kan ya kalau bisa berbagi sesuatu yang menginspirasi orang lain. Daripada share omelan soal tukang sayur? (Itu mah elu kali, mak!)




Giveback for Followers

Sekali seminggu bolehlah berbaik hati untuk re-share link blog punya fans. Misalnya tiap hari Minggu, kayak Sunday Sharing, gitu. Biar mereka juga seneng kaan, dapat pembaca baru dari pengikut fanpage kita. Mungkin bisa dibatasi, maksimal lima link tiap minggu, jadi tiap minggu pada deg-degan nungguin, "Eh, gue kebagian di-promote sama Emak Gaoel, gak ya minggu ini?" Ihihihi. Semacam penting banget gitu ya dishare sama gue? :p Btw, saya belum melaksanakan ini juga, sih. Masih dalam tahap rencana. Karena masih nyusun jadwal mingguan yang tetap buat fanpage. Sabar, yah. Eheum.

Cantumkan Kutipan Blog Post 

Hayo, jangan males kalo share blog post terbaru di fanpage. Main copas aja link, abis itu langsung publish. Coba baca lagi, pilih paragraf yang paling menarik dan bikin penasaran. Cantumkan sebelum link, supaya mengundang minat orang untuk baca kelanjutannya. Saya kadang suka malas baca link orang kalau cuma baca judulnya doang. Kalau ada bocoran dikit dan kira-kira menarik, biasanya gak pake mikir langsung klik.





Buat Tutorial DIY

Ini salah satu trik ampuh juga buat menciptakan interaksi sama fans. Saya udah cobain di akun Facebook pribadi posting foto step by step doodling sederhana. Hasilnya, ramee! Tutorial nggak usah yang mumet-mumet. Misalnya mau share langkah-langkah bikin kue, ya pilih kue yang resepnya sederhana. Atau hijab tutorial udah paling okeh buat fashion blogger. Bisa juga tutorial packing tas biar ringkes buat jalan-jalan, cocok buat fanpage travel blogger. Tutorial make-up? Wuih, laku kerass, mak!




Posting Humor atau Becandaan

Ini postingan kayak "ngasal", padahal paling gampang memancing interaksi. Asal becandanya nggak garing dan menyinggung perasaan orang lain, ya. Paling gampang mancing komentar fans di fanpage, kalau kamu posting "kedudulan" sendiri. Saya sering banget posting masalah dudul yang berhubungan dengan kegaptekan saya di Facebook. Biasanya orang dengan sukarela ngetawain. Hahaha, ini emang cuma cocok sama yang nggak sensian kayak saya. Kalau kamu tipe orang yang nggak suka jadi bahan tertawaan, mending jangan dicoba. Sebagai gantinya, bisa posting kutipan humor dari internet aja, biar gak baper. Eh.


Posting Video

Kabar terbaru dari social media expert yang saya baca, video akan jadi The Next Big Thing dalam perkembangan dunia social media. Nggak ada salahnya sesekali posting video di fanpage kamu. Bisa share dari fanpage lain, bisa juga hasil rekaman sendiri. Yang jelas, tema-nya aja dibikin supaya menarik. Dan jangan lupa, narasi pengantarnya yang memancing penasaran, supaya fans mau klik video dan nonton. Soalnya, buat di Indonesia, buka video masih jadi momok pemakan kuota, sih ya. Jadi kita suka ogah rugi kalau udah klik video, kuota kemakan, tau-tau videonya nggak banget. Hahaha.


Giveaway! Pasti Rame!

Hahaha, ini udah pasti banget bakalan rame. Siapa yang gak doyan gratisaaan? Saya sampai sekarang, kalau ada temen yang ngadain giveaway, mau hadiahnya apa aja, masih aja suka celamitan. Bawaan orok, susah diubah. Bikin giveaway di fanpage ada seninya. Usahakan durasi giveaway tidak terlalu lama. Maksimal seminggu aja, udah cukup. Supaya tetap terjaga excitement-nya. Syarat juga jangan dibikin ribet kayak ngadain lomba blog. Yang simpel-simpel aja. Misalnya, "Like fanpage ini dan share banner GA di wall kamu. Jangan lupa tag fanpage Emak Gaoel, ya!" Udah! Dijamin diserbu sama rombongan kuter dan pecinta giveaway senusantara.


Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara sederhana untuk bisa menciptakan interaksi di fanpage. Tapi sementara ini dulu, ya. Ini aja saya juga masih usaha buat melakukan satu per satu. Semoga bisa. Nanti kita sambung lagi di tips blogging ala ala Emak Gaoel selanjutnya. By the way, postingan ini terinspirasi dari artikel yang ditulis oleh Social Media Expert, Kim Garst, yang saya follow di Twitter. Intip blognya di sini, yuk?






30 komentar:

  1. Belajar ah, biar bisa gaoel kayak si emak.

    BalasHapus
  2. Iya, kenapa ya kalo FP susah banget dapet engagement-nya? :(( Tapi alhamdulillahnya sekarang tiap hari ada aja yg ngelike padahal lagi jarang apdet, dan itu orang aku gak kenal. Hahahaha. TIpsnya boljug nih, Mak. Thank's, yah! :)))

    BalasHapus
  3. blogku disambangi sama emak gaol aja udah senngnya minta ampun apalagi link blog di share,aduh,g kebayanglah senengnya hehehe..
    Makasih sharingnya mak^^

    BalasHapus
  4. ooh, gituuu.. thanks ilmunya mak..:)

    BalasHapus
  5. Makasih banyak ilmunya ya, Maak :)

    BalasHapus
  6. fanpage saya punya isinya cuma gambar/quote aja.. ternyata ada banyak cara untuk maemaksimalkannya..

    BalasHapus
  7. Saya belum memaksimalkannya dgn baik 😐

    BalasHapus
  8. Pengen.bikin tapi ga pede..belum setenar emak gaol sih :(

    BalasHapus
  9. Dulu waktu pegang fanpages acara radio (waktu masih siaran) sering bikin polling, topik yang kira2 enak buat dipake debat (hahaha), sharing foto dll dkk. Dan hasilnya emang bagus sih. Entah kenapa pas punya FP sendiri, males banget ngeupdatenya. Emang ya, tahu ilmunya aja gak cukup kalo gak mau dikerjakan.

    BalasHapus
  10. Hmm... emang selalu cetar emak satu ini..

    BalasHapus
  11. bertanya dan minta saran emang yang paling klise. biasa sih gue di blog kalau lagi gelisah minta saran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun belum pernah minta saran di fanpage fb

      Hapus
  12. Belum punya fanpage nih, Mak. Nanti bikin deh ya klo agak tenar dikit, bhahaha

    BalasHapus
  13. punya FP baru2 ini aja diurusin karena FB penuh hihihi...pengen lebih aktif deh FP nya terutama info ttg nulis dan bukuku

    BalasHapus
  14. Belum punya fp pribadi Mak, nanti kalau udah buat, mau coba praktek ah.. Makasih sharingnya :)

    BalasHapus
  15. Iihh bahasannya maut deh..
    Aku ya mo coba bikin FP kok ya malu sendiri...apa iyaaa ada yg mau ngelike... :p

    BalasHapus
  16. Saya lum punya FP mak,,, kerjaan numpuk terus, blog juga jarang2 nulis :(

    BalasHapus
  17. Makasi tipsnya Mak. Kebetulan baru buat fan page juga hehe

    BalasHapus
  18. iye mak,, blog aye belum dapat kunjungan nih Mak,, *ngarepdotcom

    BalasHapus
  19. boleh2..ntar deh dipraktekkin klok udh punya fp..tengkiu emak gaoel.. :)

    BalasHapus
  20. Wih bagus mak postinganya.. matap.. mak nyoss

    BalasHapus
  21. Nice post,... Interaksi memang harus di bangun di social media

    BalasHapus
  22. Makasih sarannya Mak, aku coba terapin ya, moga bisa femes kayak fp emak gaoel, aamiin.

    BalasHapus
  23. wehh tsakep ini mah tipsnya mak,,.. hee

    BalasHapus
  24. Terimakasih, sukses terus ya! saya banyak dpt pelajaran dan masukan dari membaca postingan ini, mampir ke blog RPP aku, thanks

    BalasHapus
  25. Iya euy, FP seperti anak tiri dari TL FB ya ternyata.. Makasih tipsnya mak...

    BalasHapus
  26. Dan saya belum juga percaya diri untuk buat fanpage 😅

    BalasHapus
  27. kadang bingung mau ngisi apa di FP.. kadang iseng ngasih quote, eh manjur juga

    BalasHapus
  28. Terima kasih sudah berbagi tips yang bagus ini.

    BalasHapus