Selasa, 01 September 2015

Aplikasi Modal Ngeblog Emak Gaoel

  66 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Udah waktunya ngobrol-ngobrol cantik soal blogging ala Emak Gaoel lagi, nih. Seperti biasa, jangan berharap obrolannya penuh istilah pinter, ya. Namanya juga A La Emak Gaoel. :v

Hari ini saya mau share aplikasi yang saya pakai buat keperluan nge-blog saya, mulai dari proses baca, riset, foto/video editing, nulis dan sebar-sebar pesona link. Mostly, standard sih. Tapi siapa tau ada yang belum kenal. Kalau udah pada tau, ya buat catatan saya sendiri ajalah. #pundung 

Hasil main-main pake aplikasi PicsArt, Snapseed, Phonto dan Instagram sekaligus. :v
Aplikasi Bacaan

Jadi blogger nggak boleh males baca, katanya. Hihihi. Lagian kalo males baca, punya modal apaan buat ditulis? Ya, kaaan? Saya suka baca buku, walaupun udah beberapa tahun belakangan ini kemampuan membaca saya menurun drastis. Dan karena nggak mau buang-buang waktu membaca buku yang "nggak banget" biasanya saya suka baca reviewnya dulu. Ini beberapa aplikasi yang ada di tab dan smartphone saya yang berhubungan dengan kegiatan membaca.

1. Goodreads
Review di Goodreads termasuk review yang jadi pegangan saya selama ini, karena biasanya reviewnya jujur banget alias tajam dan pedas. Hihihihi. Kalau sampai saya lihat ada buku dengan bintang 5, biasanya saya langsung tertarik untuk beli dan baca.








2. Amazon
Saya punya aplikasi ini tapi belum pernah purchase buku lewat Amazon. Ini masih persiapan buat modal ngeblog masa depan. Konon katanya, kalau kita nulis review di Amazon, blog kita bisa kebanjiran kunjungan balik. Saya pernah bahas di sini.








3. Kindle
Saya sebenarnya bukan penikmat e-book. Tapi untuk beberapa buku yang tidak terlalu tebal kadang saya masih bisa menikmati lewat tab. Jadi ya, aplikasi ini saya simpan juga di tab dan smartphone saya.







Aplikasi Browsing

Buat riset, cari data, bahan tulisan dan cari ide, browsing udah paling bener. Yang enak sekarang macam-macam browser udah bisa kita pasang di smartphone, jadi mau browsing bisa langsung buka dari smartphone. Browser favorit saya cuma dua.

1. Chrome
Buat saya ini paling ramah android karena tampilannya bersahabat sama orang yang kemaruk buka tab banyak kayak saya. Hahahaha. Kalau browsing, biasanya saya suka buka sampai 10 tab sekaligus. Alhamdulillah pakai Chrome nggak terasa berat. Eh, apa itu tergantung sinyal dan amal ibadah, ya? :P







2. Opera Mini
Aplikasi ini jarang saya pakai, tapi terpasang di smartphone saya. Ini semacam back-up aja, just in case Chrome ngambek suatu saat. Semoga nggak, sih. Suami saya suka pakai Opera Mini, katanya lebih cepat dan gampang pemakaiannya. Yah, beda orang, beda selera sih ya, yang penting kita saling sayang. #apalah







Aplikasi Menulis

Proses menulis dalam kegiatan ngeblog saya mostly sih saya lakukan via PC, karena udah paling nyaman aja buat mata. Tapi kalau terpaksa nyimpen draft di tab atau smartphone, saya pakai dua aplikasi ini. 

1. Writer
Aplikasi Writer ini semacam notepad yang tampilannya benar-benar sederhana banget. Kebanyakan notepad emang sederhana, sih, tapi yang saya suka dari Writer ini, tiap selesai nulis satu post, kita bisa langsung cek statistik tulisan kita hanya dengan sekali tap. Mulai dari estimasi waktu membaca, jumlah kata dan huruf, sampai tanggal dan jam terakhir tulisan itu kita update.






2. Microsoft Word
Yaelah, ini mah standard banget. Hahaha. Eh, tapi apa perlu punya aplikasinya di smartphone? Buat saya perlu, karena kadang suka kirim attachment berbentuk word via e-mail. Jadi yang satu ini lebih buat kepentingan kirim-kiriman dokumen via e-mail aja, sih. Biar lebih gampang.







Aplikasi Foto dan Video Editor

Yeah, biar pun hasil foto sama video saya amatiran, tapi bukan berarti nggak boleh genit touch up foto sebelum diposting, kan? Berhubung gaptek, saya cari aplikasi foto dan video editor yang paling simpel. Ini favorit saya.

1. PicsArt
Pilihan menu di PicsArt banyak banget buat re-touch foto kita jadi menarik. Mulai dari pilihan filter, frame, crop shape, mask shape, dan buanyaak lagi. Ulik aja sendiri, deh. Soalnya saya biasanya pakai PicsArt buat bikin mask shape, doang. Hahaha.








2. Snapseed
Snapseed juga enak buat edit foto, dan lebih sederhana penggunaannya. Kalau lagi buru-buru harus cepet posting foto, mending pake Snapseed, karena nggak banyak step buat mempercantik foto. Mulai dari adjusting brightness, warmth, dan lain-lain, tinggal geser-geser aja. Me like it.







3. Phonto
Ini aplikasi untuk menambah tulisan di foto kita. Buat yang doyan bikin meme, install, deh. Pilihan jenis hurufnya buanyaaak, dan bisa dibentuk-bentuk sesuai keinginan. Buat yang suka bikin infografis yang lagi kekinian di blog itu, pake Phonto mayan nolong.








4. VideoShow
Saya baru mulai suka bikin slide video dari foto, dan aplikasi ini paling gampang dan paling bisa diterima otak cetek saya. Hahaha. Tinggal masuk-masukin foto, tambahin tulisan, masukin musik, setting waktu, jadi. Kalau mau ngedit video juga bisa. 









Kalau aplikasi buat tebar-tebar link, ya udah atuhlah, ini mah udah ketebak banget, kan. Semua juga pasti punya akun socmed mulai dari Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Path dan banyak lagi itu. 

Gimana? Standard, kan? Nyesel dong udah baca? Hiahahahaha. Ya, maap. :D

66 komentar:

  1. aku biasanya lwt ipad atau hp, tp skrg hpnya ngambek ga mau attach foto klo nulis blog. Jadi balik ke pc.. Iyaa snapseed itu kece ya makk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kalau terpaksa posting dari tab, biasanya tetep buka lewat browser, karena sama kayak pake PC. Iyaa, aku suka pake snapseed ^_^

      Hapus
  2. Nggak ceteeek kok mba winn .. suka gitchu ahhh ..
    Sudah sangat amat membantu buat referensii... aku aja baru tau ada namanya writer, phonto, snapseed..
    Lebih gaptek berarti dirikuuuwww.... xixixii..
    Tapi tetep cemangkaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihhiiy, semangat, saan...
      ayo dicoba-coba pakai aplikasinya buat mempercantik postingan ;)

      Hapus
  3. Yang photo... perlu kreatif dan nyeni juga ya, mak... aku mah gak kreatif banget, pake aplikasi apapun kaya'nya ya gitu2 aja :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, sama sih mak, aku juga yaelah banget kalau sok2 ngedit foto..
      tapi yg penting usaha yess...wkwkwkwk

      Hapus
  4. saya malah biasanya nulis pake buku notes ukuran saku, sekali megang hape apa laptop godaannya banyak heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buat catet ide mendadak aku juga selalu siap pulpen sama notebook.. ;)

      Hapus
  5. Amunisi-nya macem-macem ya, Mak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, iya...dan ini yg paling basic banget kayanya.. :D

      Hapus
  6. Aku malah bnyak yang belum tau mak, selain Microsoft Word, wkwwkk
    Bookmark ah. TFS emak gauuuuul <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, maak...semoga makin keren nanti blogpostnya..:)

      Hapus
  7. Langsung ikutan pasang app nya ��

    Thanks mak

    BalasHapus
  8. kalau saya ngeblog cuman pake mozila, photosop sama movie marker doank mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dirasa cukup, ya gapapa...apalagi potoshop sama movie maker mah buat aku advance, malah gk ngerti makenya, makanya cari aplikasi yang sederhana.. ;)

      Hapus
  9. Berarti saya lebih cetek. Sampai sekarang aja belum sukses pake phonto T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo diulik lagiii...
      malu-maluin ih kalah sama emak gaoel gaptek...huahahaa...
      #dibanjur_aer_cucian

      Hapus
  10. Walau standar tapi bergunalah :)
    Gue malah baru tahu Video show itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berguna banget, mak..
      hati2 lupa waktu ya main2 videoshow.. :D

      Hapus
  11. goodreads, kindle, amazon gak di pasang semua... hahaha.. ketauan deh jarang baca hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau suka baca e-book, kindle aja. buku2nya bagus2 dan baru-2 lho.. :D

      Hapus
  12. Aku langsung download yang picsart mak. Makasih tipsnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mak...
      kalau picsart dikuasai semua, kayanya gk perlu aplikasi ediotr yg lain deh, soalnya lengkap banget... ;)

      Hapus
  13. komplit deh, mak...kalau bukan karena tulisan ini, saya nggak tau juga kalau foto itu harus di edit. biasanya jepret langsung pasang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, dulu aku juga gitu...
      foto gelap kurang cahaya main dipasang aja...
      lama-lama baru ngeh, ih ternyata bisa diterangin... :)))

      Hapus
  14. kalo aku nulis draft buat blog di blog touch mak, khusus untuk blogspot, tapi kalo mau publish tetep dari laptop, lebihs puas karna layarnya lebih gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga kalau publish lebih puas di PC. tapi kalau terpaksa banget harus publish di tab/hape, tetep masuk ke browser... ;)

      Hapus
  15. Lengkapppp banget panduane, bermanfaat

    BalasHapus
  16. Wah thank you infonya. Sebagian besar udah download ngikut kata teman2 tp ya cuma dikit yg kepake, msh suka maksa pake laptop. Sepertinya otakku lbh cetek lagi deh wwkwkwkkk.... FYI utk chrome & operamini: bbrp blog teman2 tak terbaca di chrome krn setting DNS Telkom. Dianggap spt di blacklist kyk situs porno. Pasti ada deh bbrp teman yg sebel nggak aku bw balik krn soal ini. Nah, stlh mutar muter cari solusi, ternyata terbaca di operamini. Tp berhub aku terbiasa pake chrome, buka operamininya jg jarang. Sorry lah ya teman temin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya emang untuk proses publishing tetap lebih nyaman di PC ya mak.
      tapi untuk proses lain-lainnya, kebanyakan kan kita lakukan nyambi2 ya, namanya emak2...jadi lebih enak emang pake aplikasi di smartphone.
      btw, aku tetep cinta chrome, karena paling gk mumet tampilannya.. :))

      Hapus
  17. Aku waktu itu mau donlod kindle tp ya kok ga bisa, katanya not available on your country?!
    Aku pake scoop buat baca2 majalah aja ahahaha #ga nyambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. scoop juga oke, dulu aku install scoop juga... ;)

      Hapus
  18. thanks infonya yaa.. mmg suka penasaran sama foto2 yg ciamik kaya meme, download ahh :-)

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. dulu aku suka pake photogrid, tapi sejak ada picsart, photogrid jarang dipake, mak.. :)

      Hapus
  20. aku pake picsart juga mak gaoellll :)

    BalasHapus
  21. Saya ada aplikasi kindle tapi jarang digunakan, pasti hapenya asus zenfone 5 ini *sotoy* haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga jarang, cuma buku2 tertentu aja, karena mata gk bersahabat sama e-book.. :)))

      Hapus
  22. Picsart itu sahabat setiaku banget buat bikin meme lucu ala drama Korea gitu mbaaak...
    Bikin quote Kdrama di IG pun pakenya picsart lho hehehe...

    Eh, eh, aku belum pernah pake videoshow tuh, cobain ah :)
    Makasih infonya yah mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata selama ini kamu pakai picsart utk meme-meme kokoreanmu ituh ya...hahaha
      tapi emang kalau picsart dikuasai, gak perlu aplikasi lain sih, komplit banget ya.. ;)

      Hapus
  23. Makasih sharingnya Mak, kalo aku pakai photoscape sih sebab udah kadung nyaman n cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, pakai yang terasa nyaman aja.. :)

      Hapus
  24. Aku udah punya PicsArt,mostly cuma buat frame sama kolase, tapi kadang terasa alay hahaha... da apa atuh aku mah :) Pengen ngulik Phonto sama videoshow,ah. Meski ga kreatif,biar gaya aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobaiiin, untuk sekarang phonto jadi favoritku buat bikin tulisan... :)

      Hapus
  25. kalo foto,saya juga punya picsay,photo funia,grid. intinya sama ya mak.. pokoknya buat mempercantik fotolah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. OMG, photo funia masih ada ya? aku udah lama banget dulu pake itu...hihihihi....

      Hapus
  26. Saya baru tahu dan sepertinya langsung tertarik sama Snapseed. Makasih banyak ya, Mbak, atas share asyiknya ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo, mas dicoba...membantu sekali aplikasi itu.. :)

      Hapus
  27. yg saya punya baru phonto hihihi...

    BalasHapus
  28. HP aku jadul, Mak.. Ga ada yg aku pasang di HP.

    Biasa ngeblog juga pake komp.. Pffff *blogger kurang kekinian*

    BalasHapus
  29. samaan aplikasi browsing favoritnya Chrome sama Opera Mini :)

    BalasHapus
  30. chrome sama firefox kalau aku mbak

    BalasHapus
  31. Word aku kalo di hp android ga bs attach foto mba.. aku yg gak tau caranya kayanya.. hihihi
    Td nanya aplikasi tulisan langsung ngunduh phonto nih saya nyahahaha

    BalasHapus
  32. jadi semangat pengin masang beragam aplikasi keren demi postingan blog menarik hehehe

    BalasHapus
  33. pecinta picsartttt \m/
    aku diiped ga ada sama sekali aplikasi bacaan kalo ngeblog pake aplikasi blogger aja

    BalasHapus
  34. Blog yang menginspirasi. Isinya banyak dijadikan referensi bagaimana seorang ibu rumah tangga tetap melakukan aktivitas blogging.

    Sangat menarik

    BalasHapus
  35. banyak banget ya mbak aplikasinya, kalo dipasang di hape jadul saya loading jadi lambat. hehehe

    BalasHapus
  36. terimakasih mak gaoel infomasinya..buat saya yang pemula di dunia blogger. ini mah nggak cetek..

    BalasHapus
  37. Mak, tosss!
    Aku juga pake Chrome, Picsarts & seabrek-abrek sosmed. Hahha

    BalasHapus
  38. Dari kemarin mau instal Snapseed belum juga berhasil. Mungkin karena kurang amal ibadah ckckck.
    Thank you for sharing, Mak. Mau unduh semua ntar dulu deh, cek kapasitas ponsel ehehehe :D

    BalasHapus
  39. i am so lucky I read this, dear.
    Open my mind :)
    Chrome my hero, still!

    BalasHapus