Sabtu, 31 Oktober 2015

Selfie Story, Bloggers Bikin Buku Tentang Selfie!

  41 comments    
categories: , ,
Assalamu'alaikum.

Masih ingat sama Lomba Blog Selfie Story di Blog EMak Gaoel beberapa bulan yang lalu? Lomba yang disupport full sama Smartfren ini berhasil merangkul lebih dari 160-an peserta dengan tulisan yang seru tentang kisah di balik foto-foto selfie mereka. Kelanjutan dari lomba ini adalah, phak Penerbit Mizan ternyata tertarik untuk membukukan beberapa kisah yang masuk menjadi finalis lomba. Melalui Kang Benny Rhamdani, tawaran itu masuk melalui e-mail saya.


Tentu saja saya langsung menyambut dengan antusias ajakan tersebut. Walaupun tidak ada tulisan saya di dalamnya, tapi Kang Benny secara spesifik meminta saya untuk membidani buku Selfie Story ini sebagai editor. Berhubung saya belum pernah menjadi editor (secara resmi), ini tentu saja jadi tantangan baru dan seru buat saya. Tanpa mikir dua kali, saya langsung menyetujui.

Selfie Story dijadikan sebagai judul utama buku ini. Isinya berupa kumpulan kisah nyata dari 24 penulis yang notabene adalah finalis lomba blog Selfie Story di Blog Emak Gaoel. Beberapa nama yang ada dalam buku ini adalah penulis-penulis yang sudah banyak menerbitkan buku sebelumnya. Beberapa lainnya, justru penulis/blogger yang masih muda belia (salah satunya malah masih duduk di bangku SMA). Walau begitu, saya berani jamin, kisah yang mereka tulis, semua memiliki nilai lebih dari beragam sudut pandang dan latar belakang. Kalau nggak, tidak mungkin kan mereka bisa lolos jadi finalis?

Ketika saya dan dewan juri lomba Selfie Story membaca kisah-kisah yang ditulis para peserta, kami tidak menyangka akan menemukan begitu banyak kisah menarik, unik, inspiratif dan keren di balik selembar foto selfie mereka. Kisah-kisah yang ditulis oleh mereka beberapa membuat kami menitikkan air mata, beberapa membuat kami tertawa, beberapa membuat kami berpikir. Pokoknya nggak nyangka aja kalau ada cerita yang lebih "besar" dibanding foto selfie yang sering dianggap remeh oleh kita itu. 

Nggak heran juga, akhirnya Kang Benny menawarkan untuk membawa naskah pilihan ke Penerbit Mizan untuk dilihat apakah layak untuk diterbitkan. Alhamdulillaah, ternyata memang lolos seleksi di Mizan. Dan nggak sabaar nunggu buku Selfie Story ini beredar sebentar lagi. Berikut nama-nama penulis dalam buku Selfie Story: 

Arian Sahidi

Olive Bendon

Okti Lillis Linawati

Fita Chakra

Susi Sukaesih

Taufiq Firdaus Alghifari Atmadja

Indah Nuria Savitri

Astin Astanti

Isti 'Adzah Rohyati

Jihan Davincka

Eka Fikriyah

Tanti Amelia

Irena Puspawardani

Wylvera Windayana

Fardelyn Hacky

Echa

Anazkia

Imazahra

Dewi Rieka

Dian Kelana

Ubaidillah 

Irfan Syahputra Pasaribu

Kartika Putri Mentari

FYI, kami semua (saya dan 23 teman penulis di atas) telah sama-sama sepakat bahwa keuntungan dari buku ini seluruhnya akan kami sumbangkan untuk kegiatan sosial yang telah kami pilih bersama. Semoga menjadi amal ibadah yang diterima Tuhan Yang Maha Esa dan semoga kisah-kisah yang ada di dalam buku Selfie Story ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi yang membacanya. Jangan lupa beli, ya! ^_^


41 komentar:

  1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Bikin penasaran Mbak bukunya. Luar biasa ya bahkan SMA sudah bisa jadi salah satu penulis di buku ini. Saya tahu hanya beberapa dari semua penulisnya. Jadi penasaran beneran deh :)

    BalasHapus
  3. Namanya udah nggak asing semua...meakipun nggak kenal langsung sih...:D

    BalasHapus
  4. Namanya udah nggak asing semua...meakipun nggak kenal langsung sih...:D

    BalasHapus
  5. Wah, nama2 penulisnya emang banyak yg sudah berpengalaman dlm dunia menulis, beberapa sdh banyak menelurkan buku juga. Semoga bermanfaat dan laris manis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, aamiin...makasih ya, mak.. :)

      Hapus
  6. Wah mulia! Keren maaak! Semoga jadi buku yang keren dan maknyus! \:D/

    BalasHapus
  7. Wah keren banget mbak.. Semoga lancar dan sukses ^^

    BalasHapus
  8. Tau gitu ikutan lombanya :D Hehehe

    BalasHapus
  9. Ada namaku, iyeaaa selfie story membawa berkah nich, makasih mamak gaoel

    BalasHapus
  10. Semoga banyak yg beli biar bisa memberi lebih banyak lagi buat yang memerlukan..seneng bisa disini...biar jg pada tau...kalau selfie itu menceritakan banyak hal... Suka duka hidup

    BalasHapus
  11. Serius amat yak gw ngomongnya wkwkwk

    BalasHapus
  12. Barokallah.... semoga buku ini bisa menginspirasi, terutama yang anti selfie. Hehehehe
    For selfie addict... teruskan.... ~_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, insya Allah isinya jauh dari skeptisisme orang2 seputar selfie... ;)

      Hapus
  13. Selfie oooh selfiie.. Sampai iPhone pun buatkan album khusus selfie hehehe... Makasih sudah diajakin ya maak.. Insya Allah bermanfaat ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama maak..terima kasih udah ikut berbagi kisahmu yang mengharu biru maak..peluuk

      Hapus
  14. selfie ga cuma buat tebar gengsi nih. jempol buat kesepakatan buat mendonasikan seluruh hasil keuntungan. semoga laris dan terusa produktif Mak!

    BalasHapus
  15. keren banget mak, semoga buku ini bisa kasih manfaat buat banyak orang ya :)
    pengen beli, cek dompet gope-an semua, belum gajiaaannn T_T

    BalasHapus
  16. Wah keren banget! Jadi penasaran. Senoga bermanfaat buat semuanya ya :)

    BalasHapus
  17. Kereen, selamat buat semua finalis. Sayang saya nggak lolos :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semanagt terus, mas...
      insya Allah akan ada kesempatan lain.. :)

      Hapus
  18. Keren mbak. Semoga bukunya bs jadi berkah mbak.

    BalasHapus
  19. Asik, ada tulisanku di sini. Makasih ya, Mak Winda :)

    BalasHapus