Minggu, 03 Januari 2016

Asiknya Lettering dan Typography Al Qur'an

  51 comments    
categories: ,
Assalamu'alaikum.

Saya lagi asik sama kegiatan baru saya di rumah. Selain ngulek sambel, hobi saya emang coret-coret di kertas alias doodling. Berhubung ngulek sambel pake urusan keringetan (di mana lebih enak keringetan karena hal lain ketimbang gara-gara nyambel), doodling lebih menarik buat saya. Beberapa bulan belakangan ini, saya latah ikut-ikutan nyoba nulis-nulis yang digaya-gayain gitu. Bahasa kekiniannya, lettering, you know. *songong*


Awalnya saya coba-coba pakai brush pen (pulpen yang ujungnya kayak kuas cat air) nulis huruf sambung beberapa quote ala-ala saya dan posting di Instagram. Kalau ngeliat hasil tulisan tangan saya mah, sebenernya mengenaskan hasilnya. Tapi apalah daya, keinginan tampil begitu besar. Cuek ajalah, posting ajaaa. :v 

Nggak pake lama, kesongongan saya meningkat, pengen nyobain pake kuas dan cat air beneran (ada gitu yang bo'ongan?). Wah, ternyata susah emang. Butuh kesabaran, keuletan, ketekunan dan latihan tanpa henti untuk bisa dapat feel dan bentuk huruf yang diinginkan. Sampai sekarang aja, walaupun udah latihan tiap hari selama satu jam, saya masih belum puas sama hasil bentuk huruf tulisan tangan saya. Semoga Hayati tidak lelah, bang. 



Lagi asik-asiknya latihan lettering, di Instagram ketemu satu akun yang keren banget. BANGET! BAAANGEEET! Nama akunnya @stefankunz (Stefan). Foto-fotonya berisi kumpulan tulisan typography-nya yang menulis isi Alkitab (Bible) dan lengkap dengan video singkatnya. Saya cuma bisa bengong melihat hasil karyanya. Typography bisa dibilang sebagai bagian dari seni lettering. Banyak artis typography profesional yang dipakai jasanya untuk membuat pesanan logo perusahaan atau font modifikasi untuk berbagai keperluan. 

Typography is the art and technique of arranging type to make written language legible, readable, and appealing when displayed. The arrangement of type involves selecting typefaces, point size, line length, line-spacing (leading), letter-spacing (tracking), and adjusting the space within letters pairs (kerning[1]). The term typography is also applied to the style, arrangement, and appearance of the letters, numbers, and symbols created by the process. (Source: Wikipedia)

Typography of Stefan @stefankunz on Instagram

Melihat keuletan Stefan membuat kumpulan typography Alkitab, saya jadi terinspirasi untuk melakukan hal serupa dengan Al Qur'an. Sebenarnya sejak setahun yang lalu Mama saya sudah sering banget mengingatkan saya untuk mulai membaca tafsir/terjemah Al Qur'an sekalian menghafal. Ngingetinnya pake bikin baper, "Tahun depan umur udah 40, Nda. Umur 40 tahun kalau belum berubah ke arah yang lebih baik, kita akan tetap seperti itu." Mama saya juga mengutip satu ayat Al Qur'an untuk mempertegasnya. Dan saya makin clegukan. 

“Sehingga apabila dia telah dewasa dan usianya mencapai empat puluh tahun, ia berdo’a : “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat ENGKAU yang telah ENGKAU berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shalih yang ENGKAU ridhoi; berilah kebaikan kepadaku dengan memberikan kebaikan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada ENGKAU dan sesungguhnya aku termasuk orang2 yang berserah diri.”” (Al-Qur’an, Surat Al-Ahqaf, ayat 15).

Kalau udah bicara umur, emang suka ngeri-ngeri gimana gitu. Ditambah lagi sama omongan dari Mama saya itu. Makin gelisah hati ini. Tsah. Akhirnya, dengan mengucap nama Allah, bismillaahirrahmanirrahiim, saya coba pasang niat karena Allah untuk mulai membaca terjemah Al Qur'an dan menghafalnya pelan-pelan. Cara yang paling efektif, alhamdulillaah udah ketemu waktu saya melihat akun Stefan tadi. Saya mulai menulis typography Al Qur'an. Dengan begitu, saya meluangkan waktu untuk membaca terjemahnya sambil melakukan sesuatu yang saya suka dan nikmati. Alhamdulillaah, sampai hari ini, sudah sampai Al Baqarah ayat 32. Masih jauh memang dari target satu Al Qur'an. Tapi seenggaknya saya sudah mulai melangkah. Udah hafal juga artinya, Mak? Belum semua. Hihihihi. Tapi, makin lama saya menghabiskan waktu menulis indah satu ayat, makin lama ayat itu menempel di kepala saya. So, dengan sendirinya saya sedang berusaha menghafalnya. Beberapa ayat saya ingat, beberapa belum berhasil karena terlalu panjang. Mungkin harusnya saya mulai dari Juz Amma (bagian terakhir Al Qur'an) yang terdiri dari surat-surat pendek dulu, ya. Tapi udah terlanjur. Hiks. Ya udah, kita terusin aja. 


Saya mohon do'anya, ya. Semoga project menghafal dan menulis typography Al Qur'an ini lancar sampai akhir. Semoga saya diberi umur dan kesehatan untuk menyelesaikannya. Aamiin. Thanks to you,Stefan in Switzerland, for the inspiration. I always believe, goodness and kindness are beyond religions. To have you, a good Christian, as my inspiration of doing my Muslim's activity, is such a great way to show people that difference and religions don't matter. What matter is we keep spreading inspiration to others. 







51 komentar:

  1. Keren banget typography dan ide sekaligus menghapalnya mak.. ikut mendoakan semoga lancar ya *Aamiin..
    Btw, daku keselek pas ngomongin umur 40.. uhuuuk. Ngeri-ngeri gimana gituh ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, mak, makasih doanya yaa.. :*
      Udah gak usah dimention lagi itu angkanya.. :)))

      Hapus
  2. Dulu waktu sekolah saya sering bikin orat-oret yang isinya rangkuman pel sekolah. tujuannya biar lebih asyik buat dihapal. tulisannya diukir sesuka hati. itu bisa dibilang typoghrapy juga ga ya? hehhe
    Typography-nya cantik mak.sukses belajar typography dan menghapalnya nya mak. eh, sekalian juga sama Arabnya atuh. jangan artinya saja.
    salam kenal dari Sumedang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi, iya...PR-nya banyak..ngapalin arti sama arabnya...mana yg duluan nyantol di kepala aja deh...
      berhubung yang typography ini sekalian hobi, ya lebih masuk... ;)

      Hapus
  3. uwaaa..keren bangettt,jadi ngebayangin itu coretan2 keren ditaruh di pigura dan di tempel di dinding^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli ya beli... *pedagang mode on* :v

      Hapus
  4. Wah..bagus banget letteringnya.. Kudu kreatif ya Mba menciptakan tulisan2 spt itu.. Ini trend baru ya Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mak...
      kebetulan di IG sering liat hestek lettering sliweran....makin ke sini makin rame... ;)

      Hapus
  5. Semangat Mak :) Semoga tahun 2016 ini bisa kelar 30 juz ya :) Kemarin saya pengen ikut-ikutan bikin typography terjemahan Al-Quran, tapi cuma pengen aja. Sampai sekarang belum direalisasikan wkwkwk..

    BalasHapus
  6. Dua jempol untuk ide, keuletan dan semangatnya membuat typhographi Al Quran, semoga diberi kemudahan dan kelancaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih doanya ya mbaaak... ^_^

      Hapus
  7. Keren bangettt maaak, yang nomor satu elehan, nomor dua colourfull, yang ketiga, keliatan niat bangetttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihih iya, tergantung mood bikinnya....:v

      Hapus
  8. Suka banget liat font 'kerusakan' di al-baqarah : 2. Keren nuansa kayu.. aku mendukungmu mba.. apalagi yg bikin ginian belom banyak.. (kok ginian sih bahasanya..)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pake pulpen kaligrafi....padahal ngasal, udah abis ide bikin model huruf laen..wkwkwwkkw
      makasih yaaa

      Hapus
  9. wah ceritanya hampir sama nih mak, kalo saya dulu kepincut salah sau akun instagram yang pinter sketching gitu deh. walhasil ikut - ikutan pake brushpen gitu, hasilnya agak kacau tapi mending kok daripada nggak ada kerjaan, plonga plongo gitu hehehehe.
    sukses ya mak buat typografinya, semoga bisa khatam dan dapet segala manfaatnya hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, instagram itu berbahaya...wkwkwkwk
      makasih yaaa.. :D

      Hapus
  10. Dan akupun tertular, mbak Win ...
    Bismillah, semoga membawa manfaat wabil khusus untuk diri saya sendiri
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, seneng banget mbak ani ikutan....semoga kita istiqomah dan dapat manfaatnya ya mak...bismillaaah :)

      Hapus
  11. itu gimana sih mbak untuk menentukan satu kata dimana kata yang lain dimana :) aku suka bingung

    BalasHapus
  12. MasyaAllah kereeenn pake banget itu Mbak. Moga projectnya ini berjalan lancar yah Mbak. Hafalan tafsirnya juga dipermudah. Huuaaa mupeng deh bisa kayak gini.

    BalasHapus
  13. Eh...keren ya... bener juga ya bisa buat sambil ngapalin terjemahan al quran ya...ide yg keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maak, moga2 aja hapalannya jalan, hihihihi...ya paling gak jadi sering diliat2 lagi terjemahnya...masa dikit aja gk ada yg nyantol...ya gak sih? sih....

      Hapus
  14. Wuaaahhh bikin mata melek kalo tulisannya kaya gini. :D Keren banget.

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. terima kasih mbak...alhamdulillaah...

      Hapus
  16. Mak Winda, tulisnnya makjleb banget deh. Apalagi terkait umur yang jelas2 hak prerogatif Sang Punya Kehidupan.
    Jadi Life begins at 40 itu udah nyata2 disebut dalam Al Quran ya. Terus menginspirasi mbak. BTW, mau saran boleh ya, supaya futunya makin kinclong, pencahayaannya coba ditambah deh. Semoga berkenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, makasih masukannya yaa...
      kelemahan aku emang di bagian2 foto2 begini nih... #halesyan hihihihi
      nanti aku coba edit2 (sok tau), makasih yaaa....

      Hapus
  17. Dear Emak Gaoel,
    Salaam! If you love blogging competitions, we are inviting you to join our blog contest: http://www.muslimweddingideas.com/giveaway.
    We have 21 prizes, which include dresses, hijabs, jewellery, art, voucher etc and almost all are open to international contestants.
    Kindly have a look - thank you! :)

    BalasHapus
  18. Ya Allah, jadi malu hati baca ini. Makasih sudah ngingetin, Mak. Pingin mulai melangkah sepertimu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mak, aku juga maluu kalau liat yg lebih muda udah melangkah jauuuuuh banget....sementara aku masih gini2 aja.. -_-
      semangat mak...

      Hapus
  19. asli keren dan baru tahu saya ada yang kaya gini..makasi ya mbak dah ngasi inspirasi :)

    BalasHapus
  20. bagus banget nih mbak..suka liat tulisannnya :)

    BalasHapus
  21. Wah tulisannya keren, alhamdulillah :-)
    jangan lupa mampir di blog saya ya mbak, ada resep perkedel jagung dan resep-resep lainnya disana. hehehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaa..
      wah, ada perkedel jagung yg udah jadinya gak? *ngelunjak

      Hapus
  22. Aamiiin untuk doanyaaa.. Jadi inget hobi lama akuuu mak.. Yuuuk kita satukan hehehe. Sekarang nih kendalanya pasti waktu yang kejer-kejeraaan 😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk maak...
      bener banget mak, waktu kayak gk pernah cukup ya...
      harus maksain, harus ada waktu, kalau mau jadi...

      Hapus
  23. Maak emang kreatif abis de...:)

    BalasHapus