Jumat, 12 Februari 2016

Cari Penghasilan Melalui Social Media Lewat Sociabuzz Pro, Give It A Try!

  35 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum.

Hari ini dicolek sama beberapa Emak Blogger di grup KEB, nanya-nanya soal Sociabuzz dan Sociabuzz Pro. Macam karyawannya ajaa gueh. Hahaha! Tapi ngerti kok kenapa kena colek. Mungkin saya dianggap punya pengalaman "cari duit" lewat dua tempat ini. Untuk Sociabuzz sebenarnya saya udah pernah tulis di sini. Lengkap dan mudah-mudahan cukup memberi hidayah. Hiyyah. 



Sociabuzz Pro punya aturan berbeda dari Sociabuzz, walaupun masih sodara kandung. Dan aturan mainnya, kudu punya akun di Sociabuzz dulu baru bisa bikin akun di Sociabuzz Pro. Kalau di Sociabuzz kerjaannya di Twitter dan nge-twit otomatis. Kalau di Sociabuzz Pro menuntut ekstra kerja dengan imbalan yang juga tentunya lebih besar.

Alhamdulillaah, tahun lalu saya pernah mencairkan earning di Sociabuzz Pro senilai sekitar nyaris $100 (sebenarnya nggak semuanya dalam mata uang dolar, tergantung penawarannya). So, mari kita bahas satu-satu sesuai pengalaman saya dan aturan main di Sociabuzz Pro. Ambil pulpen, seduh kopi, buka Youtube, cari video audisi American Idol. (Lah, gak jadi nyimak, dong?).

1. Apa itu Sociabuzz Pro?

Basically, Sociabuzz Pro adalah semacam platform advertising yang menghubungkan afiliasi (blogger dan social media active users) dengan client yang membutuhkan mereka untuk menyuarakan campaign client secara online. Sampai di sini jelas, ya? Kalo gak jelas, kerengin pake pulpen Boxy. -_- 

2. Bagaimana cara gabung dengan Sociabuzz Pro sebagai affiliate?

Sebelumnya, kamu harus udah punya akun di Sociabuzz dulu, baru bisa gabung di Sociabuzz Pro. Walaupun aturan mainnya sama sekali beda, keduanya masih sodara kandung. Begitu kamu udah gabung di Sociabuzz Pro, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke dashboard, dan lengkapi semua informasi yang perlu dilengkapi. Termasuk di dalamnya informasi rekening bank. Di sana juga diminta Swift Number atau Routing Code. Ini bisa ditanya ke bank masing-masing, karena kalau gugling takutnya nggak update. Lalu baca dan pahami slide per slide yang disediakan di bagian Read Me Please (di sidebar kiri bawah). Semua penjelasan dibuat sesimpel mungkin, bahkan orang gaptek kayak saya aja bisa ngerti, kok. Masya kalah sama Emak Gaoel Gaptek? Huahaha.

3. Gimana cara kerjanya di Sociabuzz Pro?

Nah ini. Perihbahasa bilang, "Nggak ada hasil tanpa kerja." Ya iya, bener. Di Sociabuzz Pro memang menjanjikan penghasilan yang lebih besar dari Sociabuzz, tapi ya kerjanya juga beda. Affiliate dibayar sesuai jumlah PPA (Pay Per Action). Ntar dulu yak, jelasin yang itu ntar aje. Hihihi.
So, Sociabuzz Pro akan mengirimkan notifikasi via email tentang adanya offer (tawaran) pekerjaan untuk kita. Apakah harus diambil? Ya, terserah aja. . Kalau saya, biasanya liat-liat dulu nominalnya. Heu euh, saya selain gaoel, gaptek juga gragas sama duit. Wekekek. 
Waktu awal-awal gabung dulu, nominal yang ditawarkan untuk tiap conversion masih di bawah Rp 10.000. Tapi makin ke sini, nilainya makin naik sampai di atas Rp 12.000 per conversion.

4. Jadi PPA sama conversion itu apa, deh?

Duh, jangan suruh saya jelasin pake teori, ya. Saya nggak ngerti. Jadi setelah ada tawaran masuk lewat email, kita diminta masuk ke dashboard akun Sociabuzz Pro, lalu tentukan pilihan: mau apa nggak, neh? Kalau nggak mau, ya skip aja. Nggak usah ngapa-ngapain, Log out aja lagi. Wkwkwk. Kalau mau ambil, klik di nama job yang ditawarkan, lalu scroll ke bagian paling bawah. Di sana ada kolom kecil bertuliskan Agree to Terms. Baca dulu semua terms-nya (dalam bahasa Indonesia, kok). Lalu klik Agree to Terms
Offers dari Sociabuzz Pro biasanya berkaitan dengan aplikasi, events dan social campaign. Kita diminta untuk mengajak sebanyak mungkin orang untuk mengunduh/mendaftar dan dibayar berdasarkan action unduh/register orang-orang yang daftar melalui link unik milik kita. Oh iya, tiap offer, affilitae selalu diberi satu link unik untuk kita pakai promosi mengajak sebanyak mungkin orang masuk melalui link tersebut. Ini yang dimaksud dengan Pay Per Action (PPA). Dan conversion adalah bentuk action yang tercatat lewat link unik kita. 

5. Gimana bisa sukses di Sociabuzz Pro?
Tenang, gak usah panik, ini bukan earning saya. Ini earning mbuh siapa, saya comot dari fanpage Sociabuzz. Ni orang, bikin ngiler amat, yak. Hahaha!

Yah, ini pertanyaan bukan buat saya, sih. Secara masih suka-suka banget ngerjainnya. Wkwkwkwk. Tapi, kalau kamu mau kepo-in fanpage Sociabuzz di Facebook, kamu bisa lihat, ada lho yang emang bisa menghasilkan sampai ribuan dolar. Oh wow sekali, yes! 
Kalau menurut saya pribadi, Sociabuzz Pro ini cocok untuk mereka yang punya followers banyak di social media dan juga mau untuk sangat aktif memborbardir para pengikutnya dengan promo yang sama hampir setiap jam. Takutnya spamming? Iya, sih. Tapi Sociabuzz Pro menawarkan banyak tips untuk bisa sukses melakukan pekerjaan di sini tanpa harus kena cap spammer. Bisa kamu baca-baca juga di fanpage-nya. 

Kalau tips dari saya mungkin ini:

a. Manfaatkan jaringan terdekat. Mama, Papa, Teteh, Aa, Nenek, Kakek, Om, Tante, suami, istri, anak, sepupu, keponakan. Hahaha. Biasanya "korban" pertama saya selalu orang-orang yang ada dalam lingkaran terdalam, yaitu keluarga. Pasti punya grup WA keluarga, kan? Cemplungin aja link kamu di sana, kasih embel-embel, bantuin dong, donlod aplikasi ini. Hihihi. Selanjutnya, grup-grup chat lain seperti teman arisan, teman kuliah, teman nongkrong, teman tapi mesra (eh) dimainkan. Kalau udah sama orang lain, kamu harus bisa promosi. Angkat produk/campaign-nya. 

b. Baca prime time di timeline-mu. Ini penting, biar bisa dapat interaksi maksimal. Perhatiin jam-jam ramai di timeline, di mana hampir sebagian besar teman kita nongol. Hitung-hitungan kasar saya, biasanya sekitar 5% dari total jumlah teman atau followers akan komentar atau minimal kasih like. Syukur-syukur dari sana, ada yang nyangkut. 

c. Hapus update-an lama supaya timeline kamu gak terlalu banjir promosi. Tapi untuk yang ini, harus ingat, sisakan beberapa (minimal lima buah), untuk dibuat capture sebagai bukti kerja yang harus dikirimkan setiap akhir periode campaign. 

6. Masih belum ngerti?

Tanya aja langsunglah ke admin Sociabuzz Pro di fanpage, atau email langsung. Biasanya, kalau saya kirim email, selalu dapat balasan di hari yang sama, kok. Mereka cukup responsif. 

Semoga sharing pengalaman saya ini bermanfaat, ya. Saya sih encourage teman-teman untuk ambil kesempatan ini, apalagi untuk mereka yang memang super aktif di social media. Sayang kan, tiap menit bikin status, minimal salah satunya bisa jadi duit. Wekekek. 


35 komentar:

  1. Noted Mak. Nanti saya pelajari dulu ya..

    BalasHapus
  2. Pencerahan nih buat aku. Ntar kalau masih oon boleh yak nanya lagi *sodorin kopi*

    BalasHapus
  3. Hadeuuuh saya kalem di Twitter Mak. Beringasnya di blog sendiri wkwkwk

    BalasHapus
  4. Ladang baru yg menggiurkan. Makasih infonya mak..belajar dulu ah

    BalasHapus
  5. makasih banyak. ini info yang saya cari. :D

    BalasHapus
  6. Harus cerewet ya di twitter.
    Biasanya saya kalem kalau di twitter, cerewet kalau di rumah, Qeqeqe.

    BalasHapus
  7. Wah... belum terbiasa bicara sendiri di twitter mbak....

    BalasHapus
  8. Aku udah join mak..notif d email masuk terus.. Cuma aku gak tau gimana cara kerjanya..

    BalasHapus
  9. Latihan cerewet di twitter dulu nih mak, sambil belajar-belajar tips keren ini.. hehehe. Thanks infonya :D

    BalasHapus
  10. Infonya berguna bgt nih mba. Mw aku trusin ke adikku yg lbh beringas di medsos :D aku mah medsos cm utk baca2 dan update blog :D

    BalasHapus
  11. Medsosku yg laku cuma FB, hhmmm bisa gk ya... Noted dulu deh thx ya Mak :)

    BalasHapus
  12. Cocok nih, kmrn ada yg info daftar sociobuzz.

    BalasHapus
  13. thanks emak gaoel, infonya sgt berguna :)

    BalasHapus
  14. Sama kayak 8share gt ya mak...

    BalasHapus
  15. Sama kayak 8share gt ya mak...

    BalasHapus
  16. Baca dulu, dr kmrin2 rada ga mudeng sama yg pro

    BalasHapus
  17. wah ini berarti memanfaatkan akun sosmed kita untuk campaign produk yang kerjasama dengan sociabuzz ini ya

    takut juga sih nanti di bilang spammer sama mereka nih

    BalasHapus
  18. Aku udah lama sih diemail sociabuzz pro, tapi penjelasannya standar gitu. Padahal aku kan nggak mudengan. Dan kalau nggak mudeng tak biarin aja, nggak tanya2 lagi. Thanks penjelasannya.

    BalasHapus
  19. Aku termasuk males jalanin sociabuzz ini, sebab nggak punya banyak follower he3

    BalasHapus
  20. Bookmarked nih, saya daftar sociabuzz ga jadi-jadi karena ga bisa-bisa. Liat artikel ini jadi semangat lagi daftarnya.

    BalasHapus
  21. Pernah baca artikel nya juga mengenai sociabuzz tapi memang belum pernah buat akunnya.Bermanfaat ini lebih lengkap infonya untuk dicobain.Semangat setelah baca artikel emak gaoel ini.hhehe

    BalasHapus
  22. Sudah pakai sociabuzz, tapi kemarin emang memaksimalkan yang PPC aja wkwkwkw. Jadi hasilnya ya segitu segitu doang. Kalau PPA seperti yang emak bilang, ngandelin orang sekitar dulu :)

    Keren ih mak bisa sampai $100 gitu, saya baru bisa ngumpulin Rp32.845,- wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. musti kerja keras dan kerja cerdas nih mak :)

    BalasHapus
  24. Makasih banyak dah share tulisan ini Mba.. Aku dah gabung sama keduanya..tetapi hasilnya blm maksimal.. Mau minta lagi tipsnya nih gimana bisa dapet $ 100 kayak Mak Gaoel..

    BalasHapus
  25. ternyata begitu mekanismenya ya mak harus cerewt ngetwit bisaaa lah saya heheheh

    BalasHapus
  26. Wah, harus mulai aktif di sosmed nih. Makasih sharingnya Mbak :)

    BalasHapus
  27. peluang kayaknya , simpan dulu juga :)

    BalasHapus
  28. ehm . . . bookmark dl mbak, sapa tau lupa caranya, nice info

    BalasHapus
  29. Yang sociabuzz pro sering dapat penawaran, yang reguler malah belum pernah sama sekali. Pengennya sih dapat tawaran yang biasa aja. Kalau nyuruh orang pasang aplikasi suka malu hati ga enak body. Ujung-ujungnya sih ke memori gadget hehehe

    BalasHapus
  30. wow ya benar gan, Sociabuzz emang maknyos

    BalasHapus
  31. baru tau sociabuzz... tapi sepertinya mirip2 dengan accesstrade ya mbak? sistemnya CPA juga

    BalasHapus
  32. klo sama adsen bagus mana mak.....masih bingung mau main sociabuzz...

    BalasHapus