Sabtu, 27 Februari 2016

Kenapa Saya Suka Kemasan Karton Tetra Pak

  16 comments    
categories: 
Assalamu'alaikum.

Kata “jajan” kayaknya udah nggak mungkin dipisahkan sama anak-anak. Anak-anak saya sih yang pasti. Ya, gimana, emak bapaknya juga doyan jajan. Tapi alhamdulillaah deh, biar pun kita sekeluarga doyan jajan, tapi kalau jajan selalu pilih-pilih. Salah pilih, masuk perut, terus sakit, manyun deh. 

Sebenarnya untuk ukuran seorang ibu, saya nih bukan yang bawel-bawel banget sama kesterilan makanan yang masuk ke perut anak-anak saya. Ya buktinya, saya masih kasih mereka jajan tiap ke minimarket. Yang paling penting buat saya kalau jajan makanan atau minuman itu adalah keamanan makanan yang terjamin.


Ukuran keamanan makanan/food safety-nya gimana? Buat orang awam seperti saya, setidaknya harus mulai deh mengedukasi diri sendiri tentang seperti apa makanan dan kemasan yang aman untuk dikonsumsi keluarga kita. Banyak artikel-artikel seputar kesehatan keluarga. Mulai deh rajin-rajin baca.

Satu hal yang selalu saya lakukan saat belanja di minimarket/supermarket dan membeli makanan atau minuman, saya perhatiin banget kemasannya. Bukan apa-apa, kalau kemasannya nggak meyakinkan, saya suka takut ketemu “kejutan” aja di dalamnya. Eeergh. Nggak lucu kan, beli minuman dalam kemasan botol dapet bonus cacing. Hiiiy! 

Makanan dan minuman dalam kemasan adalah rekreasional buat keluarga kami, artinya kami tetap lebih mengutamakan makanan yang segar untuk sehari-hari. Tapi saya juga jarang sih melarang anak-anak untuk membeli minuman dalam kemasan, asal jelas aja kemasannya terjamin kualitasnya. 

Kayak kemarin, saya dan anak-anak pergi belanja ke minimarket. Safina lagi pengen minum susu Ultra Milk UHT rasa coklat dan saya rasanya pengen banget nenggak Teh Botol Sosro dalam kemasan karton. Seger banget kayanya. Slurrp. 


Untuk dua nama minuman ini, saya udah nggak ragu lagi untuk beli, karena kemasannya pakai Tetra Pak yang udah jelas banget terjamin keamanan dan kualitasnya. Apalagi untuk produk sejenis susu UHT kayak susu Ultra UHT yang dibeli Safina, pasti kan harus terjaga kandungan gizi di dalam susunya. Jadi biar pun minumnya sesekali aja, tetap dapat kebaikan gizinya karena sejak pengemasan di pabrik, susu UHT ini sudah dijaga kandungan gizinya dalam kemasan karton Tetra Pak yang terjamin kualitas dan keamanannya. Dengan begitu kandungan gizinya tidak berkurang.

Saya cerita sedikit ya tentang kenapa kemasan karton Tetra Pak ini terjamin banget. Dari beberapa artikel yang saya baca dan website resmi  Tetra Pak, kemasan karton Tetra Pak ini terdiri dari 3 lapisan: karton, polyethylene dan aluminium. Karton dan polyethylene berfungsi mencegah cairan merembes keluar dan aluminium berfungsi untuk mencegah masuknya cahaya dari luar yang bisa merusak kualitas susu UHT atau minuman lainnya. Biar pun tiga lapis, tapi kemasan karton Tetra Pak ini ringan dan mudah didaurulang, lho. Ya, lengkapnya kamu bisa baca-baca di website-nya buat belajar-belajar. Emak-emak juga kudu update, yes. Apalagi untuk keamanan kesehatan keluarga. 


Satu lagi yang saya suka dari kemasan karton Tetra Pak ini, saya dan Safina bisa simpan untuk kemudian kami daur ulang menjadi macam-macam prakarya. Soalnya sayang banget dibuang, karena kartonnya tebal dan lapisannya juga anti bocor. Bisa buat bikin wadah mainan, sampul buku, dan mainan printilan lainnya buat anak, lho. Yang penting kreatif aja. Jadi selain makan dan minum tenang dengan kemasan Tetra Pak, bisa jadi pilihan alternatif aktifitas juga sama anak-anak, kan? Da’ saya mah gitu, kalau yang namanya daur ulang mah doyan, jadi ngirit kan? Hihihihi.

16 komentar:

  1. Aku juga suka kemasan tetra pak Mba.. Lebih safety gak takut bocor bila beli minuman kemasan tetra pak..

    BalasHapus
  2. aku juga hampir tiap hari beli minuman tetrapack mak, soalnya saya ngeliat dari kualitas minumannya yang dijamin segar

    BalasHapus
  3. aku pernah dateng ke salah satu pabrik yang kemasannya menggunakan tetra pack mba. wih yang ngerjain semua mesin dan steril. Canggih deh mba, bikin hati tenang mengkonsumsinya...

    BalasHapus
  4. Iya nih gue juga salut dengan kemasan Tetra Pack ini, kemasan yang sangat aman bagi suatu produk. Udah lapisannya 3 lagi, pasti gak bakalan ada lagi yang bermasalah kalo suatu produk make tetra pack ini.

    Jadi nambah ilmu soal kemasan tetra pack :)

    BalasHapus
  5. Dari kemasan, sudah terbayang kenikmatan
    Tetra pack, memang bikin tenang!

    BalasHapus
  6. Kemasan tetra pack emang ramah lingkungan ya..

    BalasHapus
  7. ya aku juga lebih senang beli kemasan tetra pack selain lebih ramah lingkungan emang bisa dibuat ginian juga ya, di kantor tempat pulpenku pake bekas susu uht hehe

    BalasHapus
  8. Kreatif juga yaa ..
    Tempat minuman malah bisa diubah menjaid tempat yang berguna. Kebetulan aku juga miniman kemasan dari Tetra Pack :)

    BalasHapus
  9. Kreatif bangetss... jadi sayang jika kemasan tetra pack dibuang

    BalasHapus
  10. appaun ditangan mbak winda jadi wah, keren

    BalasHapus
  11. Aku juga lebih milih kemasan tetrapack sih daripada botol plastik

    BalasHapus
  12. wah keren mak.... bisa jadi karya seni tuh kertasnya...
    kereeen :)

    BalasHapus
  13. Betul Bu, saya seorang Bapak juga sangat concern ke hal kebersihan terutama makanan dan minuman..minuman kemasan Tetra pack seperti itu memang favorit saya, selain terjamin..mbawanya juga mudah nggak gampang tumpah..

    BalasHapus
  14. Susu ultra susu favoritku :9

    BalasHapus