Senin, 04 April 2016

Kursus Bahasa Inggris Online Lewat WhatsApp/BBM

Assalamu'alaikum.

Alhamdulillaah, sebulan kemarin bisa nyicipin kursus bahasa Inggris online, via aplikasi chat WhatsApp. Iya, les bahasa Inggris lewat WhatsApp. Hihihi, enak banget, bisa sambil leyeh-leyeh di kamar belajarnya. 


Jadi ceritanya (sekalian disclosure), seseorang dari British English Class menawarkan kelas online gratis untuk saya coba selama sebulan untuk kemudian saya review hasilnya. Wah, ya dikasih kelas kursus bahasa Inggris sebulan gratis, masak ditolak? Insya Allah, review mah berimbanglah. Nanti sekalian saya kasih tips juga gimana supaya bisa maksimal menggunakan layanan kursus bahasa Inggris online ini.

Secara konsep, saya acung jempol buat British English Class karena ngena banget target pasarnya, untuk orang-orang yang mau belajar tapi waktunya udah banyak abis di luar rumah dan kebanyakan online lewat smartphone. Cucok banget buat banci smartphone kayak saya. Hihihi. Nilai tambah lain yang ditawarkan oleh British English Class adalah guru-guru yang kompeten yang kebanyakan bekerja atau sedang belajar di luar negeri. Untuk saat ini guru-guru masih orang Indonesia yang sedang tinggal di luar negeri. Untuk ke depannya tidak menutup kemungkinan akan adanya native speaker, menurut informasi yang saya dapat. Kursus online ini bisa dilakukan melalui WhatsApp atau BBM, lho. 


Guru saya, Alma, seorang mahasiswi yang sedang melakukan research di Musashino Art University, Tokyo, Jepang. Awal kursus, saya disapa duluan sama Alma untuk diskusi mengenai waktu kursus yang cocok untuk kami berdua. Kebetulan saya mengambil kelas Pertamax di British English Class ini. Kelas Pertamax ini 3 kali dalam seminggu, masing-masing 1 jam percakapan online via Whatsapp/BBM. Dan untuk 12 sesi fee-nya Rp 200.000. Eh. murah lho, ya ini. Serius!

Setelah kami sepakat waktu kursus, Alma juga menanyakan keperluan saya mengambil kursus bahasa Inggris ini untuk apa? Apakah untuk bekerja, untuk percakapan, atau untuk hal lain yang lebih spesifik. Langsung aja saya "todong" minta diajarkan untuk menambah kosa kata "gaul" dan memperbaiki grammar saya untuk keperluan menulis artikel bahasa Inggris di blog. Deal. Eh iya, untuk kelas Pertamax ini modelnya kursus privat ya. Satu murid, satu guru. Hwow!


Kursus pun berjalan lumayan lancar melalui WhatsApp. Yang enak, kalau misalnya di waktu yang sudah disepakati dengan guru, tiba-tiba kita berhalangan, bisa atur-atur waktu lain untuk menggantikannya. Jadi nggak ada alasan kita nggak bisa dapat 12 sesi penuh dalam satu bulan. Rugi, kan. Saya sempat beberapa kali "bolos" karena bulan lalu Safina sempat sakit, dan saya latah juga ikut-ikutan sakit. Tapi kelas yang missing itu diganti hari.

Karena saya request khusus seputar menambah vocabolary dan memperbaiki grammar, kelas saya kebanyakan memang membahas seputar itu. Saya banyak nanya soal kosa kata dalam bahasa Indonesia yang saya belum tahu bahasa Inggrisnya. Yah, itu mah tinggal lihat kamus aja kali, Mak? Ya, nggak gitu doang dong. Rugi amat, udah kursus cuma nanya arti kata doang? -_- Sekalian saya tanya contoh penggunaannya bagaimana. Lalu kami latihan beberapa kali untuk menggunakannya. Dan sepanjang chat di WA, Alma sering memberikan koreksi tata bahasa (grammar) saya yang kadang suka blibet ketuker-tuker. Hahaha!


Alhamdulillaah, setelah sebulan, saya merasakan banyak perkembangan seputar vocabulary dan grammar saya. Ada beberapa hal yang tadinya saya udah lupa, akhirnya ingat lagi dan tahu bagaimana cara penggunaannya dalam kalimat. Kalau gini caranya, saya udah nggak takut lagi dah ketinggalan sama Safina (anak saya yang riwil banget itu, yang sukanya ngoceh sok bule melulu di rumah). Cek video Safina yang terbaru di sini, ya.


Kursus online di British English Class ini sebenarnya lebih mantap lagi untuk mereka yang ingin meningkatkan sektor (((SEKTOR))) conversation sebenarnya. Apalagi kalau misalnya ambil kelas Premium dan Business yang menyediakan sesi oral, supaya bisa diajarin juga cara pengucapan atau pronounciaton. Pokoknya, kamu tinggal pilih, kelas mana yang paling diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Tips Kursus Bahasa Inggris Online di British English Class

- Tentukan waktu yang paling pas.
Jangan sampai pas kelas udah harus mulai, kamu masih sibuk nyuci piring dan nyetrika segunung. (Ini contohnya emak-emak banget emang). Atau dikira-kira, jam berapa biasanya udah santai di rumah. Atau mungkin malah pengennya mulainya pagi, sebelum keluar rumah? Atur aja sama gurunya.

- Pilih guru yang rasanya bakal cocok untuk belajar privat selama sebulan.
Di web British English Class udah ada profil semua guru yang bisa kamu pilih, lengkap dengan fotonya. Yah, emang sih, diskriminasi amat kalau milihnya cuma berdasarkan foto, ya. Milih guru apa cari jodoh? Hahaha. Jadi jangan sungkan nanya sama adminnya sebelum kamu menentukan pilihan. Misalnya, "Mbak, saya maunya gurunya yang galak. Soalnya saya galak. Nggak lucu kan kalau gurunya jiper sama saya?" Ntar dicariin guru yang galak, deh. Hahaha. Atau, "Mbak, suami saya cuma bolehin saya belajar sama guru perempuan." Nah, bisa banget itu. Ah, pokoknya fleksibel, deh.


- Jangan sungkan bertanya.
Ini mah saya banget. Dasarnya saya orangnya ogah rugi. Ya masak udah kursus privat, nggak dipakai kesempatan buat nanya-nanya? Gengsi? Takut keliatan begonya? Jiailah, kalo mau pencitraan, gak usah kursus, pasang status aja di FB. Eh. Pokoknya, jangan buang kesempatan emas untuk bertanya sebanyak-banyaknya. Kalau perlu, sebelum kelas dimulai, kamu udah nyiapin pertanyaan buat gurunya.

-Minta review sama gurunya.
Ini saran saya supaya kamu bisa tahu perkembanganmu selama kursus. Kalau Alma sih, kasih progress review saya cuma di kelas terakhir. Tapi bisa banget kok kamu minta review per minggu sama gurumu. Dan kalau kamu kerajinan, minta homework sama examination sekalian. Hahaha.

Yasudlah, tunggu apa lagi? Cuss, langsung ulik-ulik di British English Class atau nanya langsung di nomor 082110009343. Kalau kata pepatah, "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina." Kalau kata Emak Gaoel, "Ngapain harus ke Cina, kalau kursus bahasa Inggris bisa dari kamar tidur." Nyahaha, pepatah apalah itu. :v 

24 komentar:

  1. ampun makk... paling MINAT dgn yg namanya belajar grammar, tp gak kuat pas lg belajar.. bikin pala' pening, apalgi untuk online...
    oh iya, ini cuma buat aku yah.. siapa tahu kalian malah lebih enjoy belajar online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu Mba Nisful... kita buktikan ga akan buat pala pening. cuma cekot-cekot aja. hehe.
      tanya2 ke kita ya Mba WA/LINE 082110009343 ya. Trims.

      Hapus
  2. Wah asiknyaaa. berarti ini beneran satu jam chit-chat langsung sama gurunya ya Mak? Gurunya nggaka akn pernah lama bales atau ngilang gitu aja kan? Wehehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba... salam kenal.
      Saya coba balas ya,
      selama satu jam guru dan murid akan chat, membahas apa yang ingin ditanyakan murid misal grammar atau mungkin sharing aktivitas. :-) atau mengikuti intruksi gurunya. Semua dalam bahasa inggris, kecuali bingung yah boleh lah pake bahasa prancis dikit2. :)
      Soal Guru... team kita gak akan kabur kecuali dia pingin ke kamar mandi mungkin akan tunggu. 5 menit. hehe.
      Silahkan di coba Mba Adriana... bisa tanya2 dulu ke saya di 082110009343
      thanks,
      Wia - Admin britishenglishclass.com

      Hapus
  3. Pengeeen mak. Tapi ntar bingung mau ngetik apa pas chit chat ahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bingung berarti harus coba Mba Intan. :D
      Gampang kog, nanti ketik aja yang ditanya guru. Atau kita juga ada kelas speakingnya biar tambah bingung ;-)
      You will enjoy it!
      Salam,
      admin britishenglishclass.com

      Hapus
  4. Wiihiiiyy, kayaknya seru jugak ya...
    Jadi lebih fokus ke maunya kita ya.. Tapi ini mungkin berlakunya untuk yang udah punya modal Bahasa Inggris agak lumayan biar nggak buang waktu dan tenaga kalau ngajarin dari dasar. Gitu gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak gitu Mak Susan. :-) makanya kelas kita privat, biar guru fokus sama muridnya, nanti akan mengikuti kemampuan muridnya. Namanya latihan berarti buat kesalahan. *IniKata-kataBijak :v
      tanya-tanya ke kita ya Mak di 082110009343 (WA/LINE)
      Salam Hangat,
      admin britishenglishclass.com

      Hapus
  5. Pengiin, mak. Kayaknya asyik ya. Aku ada kelas lain juga, tapi ga privat sih. Kalo privat kayaknya enak tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih tepatnya sih makyus Mba Ila :) kelas privat di britishenglishclass.com bisa sambil bobo cantik looh. >.<
      Yang penting ga perlu takut salah secara gak ketemu ini sama gurunya. wkwkw.
      Ditunggu kabarnya Mba!

      Hapus
  6. Asik, pas banget ni, pas kantong emak-emak; mumer gituh...

    BalasHapus
  7. Wah senangnya. Bisa kursus bahasa inggris sambil tiduran ini mah. Nice post Mak! :)

    BalasHapus
  8. mak itu belajarnya lewat chat aja ya? wah harus tau dikit dikit bahasa ingris dulu donk ya. Klo belum bisa sama sekali gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo belum bisa samasekali langsung daftar Mba! :D
      belajarnya via chatting klo mau ambil kelax speaking aja juga bisa atau klo mau di mix juga ada pilihannya.
      cek websitenya ya britishenglishclass.com

      Hapus
  9. aku maauuuu ikut iniiii ^o^. Secara ya mbak, sjk balik dr Malaysia, bhs inggrisku jd ikut berkurang sbnrnya, krn di Indo cuma dipraktekin di kantor, itupun kalo ketemu nasabah bule. Sementara pas di Malay dulu aktif krn kampusku international. Mmemang bhs itu harus dipraktekin trs2an kan ya... kalo ga bakal lupa deh.. aku mau dftr yg ini... berguna bgtttt.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar ke kita langsung ya Mba Fanny. 082110009343 (WA/line) Mba bisa pilih guru sendiri nanti. Cek aja langsung di web kita.
      Ditunggu ya. :-)

      Hapus
    2. ditunggu WA/LINE nya ya Mba Fanny ke 082110009343. :-)
      Kita punya segudang guru yang seru-seru! Tanya-tanya dulu ke saya juga boleh.

      Hapus
  10. Wah sebuah konsep yang ga pernah kepikiran sebelumnya nih mak, saya pengenlah ikut ntar bisa belajar dimana saja sambil tidur - tiduran juga nih mak di kasur hehe.

    BalasHapus
  11. Hhahhaa... slogan terakhir bikin ngakak.. eh serius ya bisa ternyata kursus by WA.. di Bandung ada ga ya..kepengen banget

    BalasHapus
  12. Keren ini mak, saya kalau ada yang email kerjaan dan pakai bahasa Inggris selalu deh saya sodorin ke suami. Minta tolong balesin wkwkwkwkwk~

    BalasHapus
  13. Waah, kayaknya seru ya Mba..murah lagi 200rb..jadi tertarik pingin belajar Inggris, pingin go internasional ngeblognya nih..hehehe

    BalasHapus
  14. Tapi bingung juga ya klo sama bahasa inggris masih nol banget.
    Dari dulu sih pengen banget bisa bhs. inggris, ya minimal bisa ngobrol sama orang. inimah klo denger orang ngomong saya malah melongo.
    Saya mau nanya mak, itu safina bisa ngerti bhs. inggris awalnya gimana ya ? hehe

    BalasHapus
  15. Suka deh sm yg bunda bilang : 'Ngapain harus ke Cina, kalau kursus bahasa Inggris bisa dari kamar tidur' :D bisa sambil ngerjain yg lain, bisa sambil dngerin musik, bisa sambil ngemeal (klo hari biasa), bisa sambil lain-lainnya. :D

    Salam kenal bunda emakgaoel :)

    BalasHapus