Senin, 05 September 2016

Women's Project, Kiprah Empat Macan Ternak

  10 comments    
categories: , ,
Assalamu'alaikum.

Mulai akrab dengan istilah "Macan Ternak"? Mama Cantik Anter Anak Sekolah? Aish, saya juga udah lama klaim kalau saya masuk dalam golongan ini. Tiap hari mondar-mandir rumah, sekolah, tempa les, minimarket, toko buku de el el de es be. Soal cantik, ya relatiplah, ya. Tergantung tingkat kepede-an si mamak. Hahaha. Yang jelas, mama-mama tukang anter anak tiap hari itu jangan dianggep remeh potensinya.


Contohnya empat teman saya ini. Mereka (Ila, Elga, Dewina dan Diana) adalah empat orang mama yang setiap hari nganter anak ke sekolah dan kadang nungguin anak-anaknya di sekolah. Emak-emak kalau nungguin anak di sekolah tuh ngapain, sih? Buang-buang waktu amat? Yoih, miring bener itu yang punya pendapat kayak gitu. Saya pribadi, udah lama punya pendapat kuat soal mama-mama "tukang nungguin anak di sekolah ini: "Jangan pernah meremehkan potensi perempuan, apalagi kalau udah ngumpul lebih dari dua orang. Big things can happen. Just wait!" 


Ila, Dewi, Elga dan Diana contoh nyatanya. Setelah akrab selama beberapa bulan di sekolah sambil nungguin anak, mereka mulai berpikir untuk melakukan sesuatu yang bisa memanfaatkan waktu menunggu anak-anak di sekolah, bermanfaat buat diri sendiri, plus bermanfaat buat orang lain. Terwujudlah yang mereka namakan Women's Project


Basically, Women's Project ini adalah rintisan usaha mereka berempat di lini muslimah fashion. Untuk saat ini mereka masih berkutat di hijab. Jualan jilbab? Yaelah, biasa banget! Ngik, jangan buru-buru mencibir. Women's Project ini judulnya memang digawangi oleh 4 ibu-ibu, tapi mereka sangat terorganisir dan memiliki plan untuk setiap langkah. Masing-masing, sejak awal sudah punya bagian yang harus mereka pegang dengan serius. Ila dan Diana fokus mengurus fashon side dari Women's Project, mulai dari mencari bahan, memilih warna, menciptakan model hijab sampai belanja ke sana ke mari. Elga fokus memegang semua urusan social media dan online Women's Project. Dan Mbak Dewina kebagian tugas di bagian produksi alias berurusan dengan para penjahit dan mengawasi proses pengerjaan agar hasilnya berkualitas.


So, jadi macan ternak bukan berarti nggak bisa bikin sesuatu yang keren, ya. Buktinyaaa, saya udah coba beberapa produk shawl dari Women's Project. Tiap potong hijab dijahit dengan sangat rapi. Potongan yang rapi, bahan yang memang pilihan dan juga ukuran yang nggak pelit, alias lebar. Tiap beberapa periode mereka selalu rembug-an untuk mencari sesuatu yang baru lagi untuk diproduksi. Yang bikin tambah kagum sama mereka, semua diawali dengan modal pas-pasan, dan sekarang mereka sudah mulai punya beberapa pekerja (penjahit dan tukang potong bahan). Terharu mendengar cerita kalau mereka bisa juga memberi manfaat buat orang lain, memberi lahan pekerjaan untuk yang memiliki keahlian tapi kurang mendapat kesempatan. 


Bocoran aja, akun IG Women's Project sekarang lagi ngadain giveaway supaya bisa mendapat ekpose lebih banyak di social media, terutama Instagram. Buruan, yang doyan gratisan, ikutan. Cuma sampai tanggal 8 September. Siapa tau beruntung, bisa ikut eksis kece pake jilbab produksi para macan ternak ini. Hihihihi. Oh iya, akun IG mereka nggak melulu jualan hijab, kok. Kalau mau dapet inspirasi tutorial memakai hijab berbagai model, juga ada. Selain itu, mereka juga selalu post kegiatan mereka dalam menjalankan bisnis, misalnya waktu lagi rempong belanja kain, atau waktu lagi meeting di sela-sela waktu menunggu anak di sekolah. Jadi seru aja ngikutiinnya. ;)


10 komentar:

  1. Aku bukan.termasuk macan ternak, tapi sesekali ngumpul arisan...

    Ya, dari beberapa macan ternak itu ada yang sekarang punya bisnis kue, katering gede (banget!) & fashion!

    Please don`t under estimate them!

    BalasHapus
  2. aku macan ternak... tapi ga nungguin sih. cuz ah ke ig nya

    BalasHapus
  3. Terima kasih mam winda, udah sempet2in nulis ttg kita....sukses semua Yaaaaa untuk semua macan ternak, yuk ke ig @womensproject 😘😘😘

    BalasHapus
  4. Aku juga macan ternak. Baca ini, jadi kepikiran juga bikin suatu kegiatan yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa#eh

    BalasHapus
  5. nnah ini baru ngumpul yg bermanfaat, biasanya ibu2 di sekolah itu banyak ngerumpi, trus banyak salahin guru tanpa lihat sikon dan banyak lagiiii

    BalasHapus
  6. Terima kasih mam winda, udah sempet2in nulis ttg kita....sukses semua Yaaaaa untuk semua macan ternak, yuk ke ig @womensproject 😘😘😘

    BalasHapus
  7. Waah ((MACAN TERNAK)) ini harus diberdayakan supaya gak kalah sama ((BANTENG TERNAK)) ahahahah .. Smg ntar kalo udah mamak-mamak, aku juga bisa begini. Pake acara nonton gigs Tribute to Led Zeppelin bersama ah :))

    BalasHapus
  8. Gw pikir ternak macan beneran, ternyata yeeee emak2 yang hoby nya ngerumpi di gerbang sekolah hua hua hua #Kabur

    BalasHapus
  9. hahahaha .. saya kirain ternak macan beneran .....

    BalasHapus